April, 80 Desa di Boltim ‘Mandi’ Uang

0
396
Kejari Boroko Diminta Periksa Pengunaan Dana Desa Bohabak 1

TOTABUANEWS, BOLTIM – Sedikitnya 80 Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) April tahun ini akan menerima Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD).

Sekretaris Dinas Pendapatan Pengelolaan keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Slamet Umbola mengatakan, dimana perealisasian DD maupun ADD tahun 2016 di prediksi akan terealisasi pada bulan ke empat. “pencairan DD maupun ADD diperkirakan akan terealisasi paling lambat bulan April mendatang,” kata Umbola.

Lanjut, adapun perealisasian dana tersebut membutuhkan laporan yang sudah di sesuaikan serta dijadikan acuan oleh pemerintah pusat. “perealisasianya mengacu pada peraturan Menteri keuangan yang di tetapkan tahun 2015,” terangnya.

Menurut Umbola tentang syarat perealisasianya sudah di tuangkan dalam aturan dan wajib di lengkapi agar Dana yang disediakan untuk Desa bisa di transfer dari Rekening Kas Negara ke Kas Daerah.

“Untuk mendapatkan dana Desa yang di berikan oleh Pemerintah Pusat, syaratnya setiap daerah harus mengajukan Perda tentang APBD tahun berjalan, tata cara Rincian Anggaran setiap Desa, serta Laporan Realisasi Anggaran tahun sebelumnya, sebagaimana yang tertuang pada Permenkeu, Pasal 15 ayat 1,2 dan tiga,” tuturnya.

Ditambahnya, untuk perealisasian DD dari Daerah ke setiap Desa, juga di atur oleh Permenkeu. “perealisasin dari Kas Daerah ke Kas Desa juga di atur oleh peraturan Menteri pada pasal 29 ayat 1 dan 2, dimana setiap desa harus memasukan APBDes, serta laporan peralisasian DD maupun ADD tahun sebelumnya,” tutupnya.

DICKY MAMONTO

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.