Emban Misi Adat dan Budaya, Pimpinan LSM dan Ormas Adat Minahasa ke Jakarta

0
224

Tonaas Wangko Isak Tambani : Kami Akan Berikan Gelar Adat “Pah’Tua’an Ne Tou Minaesa” untuk Tuama Prabowo Subianto

TNews, Manado Sulawesi Utara – Keberangkatan pimpinan LSM dan ormas adat Minahasa di Sulawesi Utara pimpinan Tonaas Wangko Isak Tambani ke ibukota Jakarta, Senin (16/10/2023), ternyata mengemban misi luhur orang Minahasa, untuk pelaksanaan pergelaran adat Pah’tua’an Ne Tou Minaesa, kepada Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto.


Kata Isak, Pah’Tua’an Ne Tou Minaesa sendiri adalah sebuah gelar penghormatan sebagai orang Minahasa yang dituakan baik oleh generasi saat ini maupun oleh leluhur atau tua-tua orang Minahasa.
“Kami akan menemui Menteri Pertahanan bapak Prabowo Subianto dan menyampaikan maksud pergelaran adat Minahasa kepada beliau yang nantinya dilaksanakan di tanah Minahasa, bertempat di Stadion Klabat,” kata Isak ketika ditemui wartawan sebelum keberangkatan di bandara internasional Sam Ratulangi.


Rombongan yang pimpinan Isak ini beranggotakan pimpinan organisasi dan tokoh adat Minahasa yang sebelumnya telah bersepakat dalam Gabungan LSM dan Ormas Adat Minahasa.
Dengan mengenakan atribut organisasi masing-masing para ketua umum bergegas memasuki pelataran terminal keberangkatan dengan disambut tarian Kawasaran yang menghantar para duta adat dan budaya Minahasa ini menuju bagian dalam Bandara, sebelum akhirnya menuju ke pesawat milik maskapai Lion Air dan mengangkasa ke ibukota negara.
Tak banyak kata yang keluar dari Isak Tambani terkait alasan Pergelaran adat untuk PS yang akan berulang tahun pada Selasa besok.
“Berdasarkan permohonan kepada Tuhan dan juga direstui oleh leluhur dan orang tua, dan bapak Prabowo adalah Tuama Minahasa, maka gelar Pah’Tua’an Ne Tou Minaesa ini layak untuk beliau. Kami mohon pamit dan meminta dukungan doa untuk masyarakat adat di tanah Toar Lumimuut ini,,” tegas Isak.

Walaupun sempat mengalami beberapa kali perubahan jadwal keberangkatan, ternyata tekad dan semangat punggawa-punggawa adat dan budaya Minahasa tidak tergoyahkan dan tetap berkomitmen menemui Menteri Pertahanan Republik Indonesia secara langsung, setelah sebelumnya telah terbangun komunikasi dengan Prabowo Subianto.

Sedikitnya ada 30 LSM dan Ormas adat Minahasa di Sulawesi Utara serta pemangku adat dan budaya telah menyatakan dukungan pergelaran Adat Minahasa dan dukungan ini berpeluang meluas. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.