Figur Bakal Calon Bupati Bolmong Sama Kuat

0
235

TOTABUANEWS, BOLMONG – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus bergulir, sejumlah figur, yang kini rajin turun bersosialisasi kemasyarakat tampaknya mulai mencuri perhatian rakyat Bolmong.

Ya, para kandidat terus bersosialisasi ke masyarakat baik melalui  pemasangan aktribut baliho, bahkan hadir di hajatan-hajatan sehingga bisa mengsosialisasikan diri secara langsung dengan masyarakat yang ada di Bolmong.
Sejumlah namapun terus mencuat bahkan hingga saat ini, sudah menjadi diskusi pokok  warga terkait siapa yang nantinya  akan maju di Pilkada Bolmong.

Meskipun ada begtu banyak yang secara terbuka lewat pemasangan aktribut bakal maju di bertarung di Pilkada nanti, namun mulai mecuat yang akan maju, yakni Yanny R Tuuk, Salihi B Mokodongan, Djelantik Mokodompit, Yasty Supredjo Mokoagow, Limi Mokodompit, ke lima nama inilah yang diprediksi balal mewarnai pertarungan untuk merebut posisi orang nomor satu di Bolmong ini.

Muhammad Jabir pengamat politik mengungkapkan, meski banyak yang sudah secera terbuka bersosialisasi namun sesuai analisanya ada lima nama yang menurutnya kans untuk maju di Pilkada Bolmong nanti. “Ada lima nama yang kans untuk maju di papan satu nanti, seperti, Yanny R Tuuk, Salihi B Mokodongan, Djelantik Mokodompit, Yasty Supredjo Mokoagow, Limi Mokodompit, ke lima nama inilah yang diprediksi akan mewarnai Pilkada Bolmog nanti,” ungkap Jabir, Selasa (23/08/2016) kemarin.

Namun menurut Jabir, pengaruh partailah yang cukup berpengaruh, seperti PDIP yang meskipun sudah ada posisi jocker yang duduk di papan dua, namun masih terkendala denga penentuan siapa yang akan naju di posisi papan satu.

“Posisi semua bakal calon ini bakal seimbang, karena semua punya kekuatan, nilai tawar masing-masing. Tergantung pada koalisi figur karena menurut saya untuk posisi saat ini partai kurang berpengaruh. PDIP dianggap berpengaruh karena punya tokoh senter seperti Yanny R Tuuk,” jelas Jabir.

Ditambahkan Jabir, kalau dinilai dari faktor ke wilayah semuanya punya pengaruh secara merata tidak ada batas wilayah tapi semua wilayah di Bolmong sudah mengetahui nama-nama ke lima figur ini.

“Sosialisasi kelima figur ini cukup merata di semua wilayah. Kecuali pak Djaelantik Mokodompit yang saat ini belum ada aktribut kampanye, tapi kalau yang lain sudah cukup merata,” tambahnya.

Lanjutanya, tak hanya Djelantik yang belum memasang aktribut, ada Yasty Supredjo Mokoagow tapi kata Jabir, figur Yasty punya modal  dikenal oleh masyarakat karena baru saja melewati pemilihan legislatif berarti sudah tersosoalisasi dua tahun lalu, jadi sudah tersosialisasi duluan dari Djaelantik.

“Secara umum semua figur ini sudah banyak diketahui masayarakat Bolmong. Namun pemenang akhir nanti tergantung pada koalisi, karena semua punya masa, punya kemampuan, bahkan bisa dikatakan sama kuat, maka itu tergantung koalisi,” tutupnya.

 

Feybi Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.