Kotamobagu Siap Hadapi P2 Adipura

0
222

TegemaTOTABUANEWS.COM, Kotamobagu – Sebagai penerima Piala Adipura tahun 2011 sekaligus peserta penilaian tim Adipura 2012, Kota Kotamobagu (KK) kini lebih siap. Dengan pengalaman yang ada, KK yakin piala yang didedikasikan untuk kebersihan lingkungan dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono itu kembali di raih untuk kali keduanya.

Kesiapan KK itu disampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Ramlan Tegema dihubungi melalui telepon selulernya Senin (04/03/2013). “Ada beberapa titik pantau yang sedang dibenahi. Kesiapan kami sudah 70 persen. Apalagi Jumpa Moposad, Kamis dan Jumat tetap eksis,” katanya.

Dikatakan mantan Kepala Tata Praja ini, Tim Adipura tahap kedua akan turun di Sulut sekitar tanggal 13 Maret mendatang. Selain KK, ada lima daerah lainnya yang akan di nilai oleh tim dari Kementerian Lingkungan Hidup – Sulawesi, Maluku dan Papua.

Lebih lanjut Tegema mengakui, penilain tahun ini lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya. Namun itu tak membuat KK akan kehilangan point, justru sebaliknya. Sebab katanya, KK telah memiliki pemilihan dan pengelolaan sampah plastik. “Esok (hari ini,red) rencananya Pak Wali akan memantau lokasinya,” jelasnya.

Sebelumnya Badan Lingkungan Hidup Sulut, melalui Kabid Pengendalian dan Pengelolaan LB3 Sonny Runtuwene mengakui penambahan poin penilaian tersebut terutama partisipasi masyarakat mendukung dan mengelolah sampah “Sebelumnya tidak masuk penilaian, tapi tahun ini partisipasi masyarakat mengelolah sampah dan lingkungan di pemukiman jadi ukuran tersendiri,” katanya.

Terpisah, Kabag Humas Fahri Damopolii Skom ME meminta masyarakat tetap menjaga kebersihan dilingkungannya masing-masing. “Seperti imbauan Pak Wali selama ini agar masyarakat membudayakan hidup bersih. Adipura hanyalah tujuan antara, tapi kebersihan dan kesehatan lingkungan adalah utama,” imbau Fahri. (konny/jun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.