Lulusan D III Kebidanan STIKES GM Kotamobagu Diambil Sumpah

1
845
Sendy Agita
Sendy Agita

TOTABUANEWS, Kotamobagu – Tak dapat dilukiskan dengan kata-kata perasaan bahagia yang dialami 32 (tiga puluh dua) orang mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Graha Medika Kotamobagu. Rasa haru serta suka cita menyelimuti sanubari tatkala mereka berhasil menyandang gelar Ahli Madya Kebidanan (AMd.Keb).

Untuk itu sebagai tahapan pra wisuda, STIKES GM Kotamobagu melaksanakan pengambilan sumpah bagi ke- 32 mahasiswi tersebut. Peristiwa sakral itu berlangsung Jumat (7/11) sekitar pukul 09.30 Wita di aula kampus yang disaksikan civitas akademika dan seluruh mahasiswa STIKES GM Kotamobagu.

Pantauan media ini, acara pengambilan sumpah berlangsung khidmat. Kegiatan tersebut diawali dengan doa yang dibawakan Dani Pontoh M Ag. Selanjutnya dilaksanakan pengambilan dan penandatanganan sumpah janji yang disaksikan rohaniawan yang mewakili masing-masing agama mahasiswi yakni Dani Pontoh M Ag mewakili agama Islam, Felani F. Towaki, S.Fils agama Kristen Katolik, Pdt. Stenly Kalalo, S.Th, MT agama Protestan dan Drs. Ida Bagus Suwandi mewakili agama Hindu.

Dalam sambutannya, Ketua STIKES GM Kotamobagu Sendy Agita, S.Kep, M.KM mengucapkan selamat kepada lulusan Diploma III Kebidanan, dan berharap disiplin ilmu yang mereka miliki agar dapat diimplementasikan dengan baik khususnya dalam mengabdikan diri di tengah-tengah masyarakat.

“Dengan selesainya pelantikan dan sumpah ini, Saudara telah memiliki kualifikasi sebagai Ahli Madya Kebidanan atau tepatnya tenaga bidan. Oleh karena itu pertahankan kualifikasi ini dengan penuh tanggung jawab,” tuturnya.

Sendy menambahkan, tenaga bidan yang professional dan mandiri untuk masa depan sangat dibutuhkan, sehingga peran dan tanggung jawab pun harus senantiasa melekat pada diri setiap bidan.

“Ini professi yang sangat menantang, tidak dapat dilalui tanpa proses pendidikan, dan pertama kalinya selama kurun waktu 3 tahun dalam penyelenggaraan pendidikan, STIKES Graha Medika menghasilkan lulusan Ahli Madya Kebidanan, yang diharapkan lulusan saat ini bisa menjadi contoh yang baik dengan memberikan pelayanan kebidanan yang berfokus pada aspek pencegahan, promosi yang berlandaskan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat,” tegasnya.

Ia berharap angkat sumpah janji yang telah dilaksanakan menjadi awal pencerahan bagi setiap Ahli Madya Kebidanan lulusan STIKES GM Kotamobagu, juga dorongan semangat untuk civitas akademika mempersembahkan karya terbaiknya untuk daerah dan bangsa Indonesia melalui lulusan kebidanan yang berkualitas.

“Ada kata Setinggi bintang di langit, seindah pelangi yang menghiasi cakrawala dunia, seindah itu pula keindahan yang digunakan untuk memancarkan pesona seorang bidan,” tutup Sendy.

Peliput: Surahman Mokoagow

Editor: Konni Balamba

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.