Sehan Landjar Tanam Kayu Gaharu di Pasar Modayag

0
452

TOTABUANEWS, MODAYAG – Bupati Boltim Sehan Landjar melakukan penanaman pohon demi menyelamatkan rakyat Indonesia dari kepunahan hutan maupun oksigen yang sudah mulai berpolusi. Penanaman pohon gaharu tersebut, dilakukan di halaman pasar Ambang Modayag, Rabu (26/08/2015.

Dalam penanaman pohon yang diberikan oleh Sangadi Desa Purworejo ini, selain memberikan manfaat kesejukan serta kebersihan udara, tanaman pohon ini juga memberikan hasil yang memuaskan bagi rakyat boltim pada khususnya.

Bupati yang baru  selesai meresmikan pasar tersebut mengatakan, pohon yang ditanam ini akan memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat.

“Penanaman pohon gaharu ini, selain harganya mahal, pohon ini juga sangat penting di tanam dilokasi pasar, karena memberikan kesejukan, serta dapat mengurangi polusi udara,” katanya.

Landjar berharap warga boltim bisa mengembangkan tanaman ini karena sangat bermanfaat bagi masyarakat karena banyak memiliki kelebihan.

“Saya berharap masyarakat boltim bisa ikut tertarik dengan kayu gaharu ini, karena manfaatnya yang besar, apalagi di indonesia bagian timur hanya di boltim yang menanam tanaman ini,” terangnya.

Sebelumnya  sangadi Desa purworejo, Gunawan Kastorejo mengatakan, keuntungan Kayu gaharu ini memiliki harga yang cukup tinggi serta bermanfaat bagi warga boltim. “Kayu Gaharu ini jika sudah produksi, harganya bisa miliaran rupiah, serta kelebihanya, pohon ini juga dapat menghasilkan minyak wangi, obat, hingga alat untuk ibadahnya warga cina (Hio),” katanya.

Gunawan menambahkan, kayu gaharu adalah satu satunya usaha yang sudah mempunyai legalitas yang sah dari Balai Sertifikasi Benih Kehutanan makkasar.

“Di Indonesia bagian timur pada khususnya, hanya di boltim yang memiliki legalitas jelas, (sertifikat resmi) dan hanya di boltim yang memiliki tanaman ini,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.