Wawali Hadiri Penyerahan LAKIP Kotamobagu Tahun 2015

0
423

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU  – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB) RI, menyampaikan hasil evaluasi untuk kinerja Pemerintah Tahun 2015, pada acara Forum Pendayagunaan Aparatur Negara, Jumat (5/2) di Gedung Negara Grahadi Kota Surabaya.

Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Timur dan Se-Sulawesi Tahun 2015 ini, diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Republik Indonesia, Prof.DR Yuddy Chrisnandi.

Untuk Pemerintah Kota Kotamobagu sendiri yang dihadiri oleh Wakil Walikota Drs Jainuddin Damopolii, mendapatkan nilai C bersama dengan sejumlah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara,selain kota Manado yang mendapatkan nilai B.

Nilai tersebut menunjukkan tingkat Akuntabilitas atau pertanggung jawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran, dalam rangka terwujudnya Pemerintahan yang berorientasi kepada hasil.

Menteri PAN dan RB Prof.DR. Yuddy Chrisnandi menyampaikan bahwa biasanya kegiatan penyerahan hasil tersebut dilaksanakan di Kementerian PAN dan RB namun kali ini kegiatan dilaksanakan di Surabaya,dengan alasan Jawa Timur adalah salah satu Provinsi yang mendapatkan Predikat Nilai A.

Untuk itu Menteri kembali mengingatkan bahwa saat ini kita berada pada satu Zona Kompetisi dan kita di tuntut Profesional serta Kemampuan menata kelembagaan dan keuangan, karena dalam indeks persaingan Global Indonesia sendiri  masih berada di peringkat 33, sehingga diharapkan Kabupaten/Kota dapat mengatur Tata kelola Pemerintahnya sebaik mungkin,dan hal tersebut tergantung  Akuntabilitas dari setiap SKPD.

Lebih lanjut dikatakan Kabupaten/kota juga sangat dituntut agar dapat menerapkan System Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) sehingga nantinya apa yang menjadi Visi-Misi Pemerintah akan dapat dilaksanakan.

Acara dihadiri oleh menteri PAN dan RB bersama para deputi,Gubernur Jatim,Bupati/Walikota se Provinsi jawa timur dan se Sulawesi,  serta seluruh Pimpinan SKPD terkait BAPPEDA,BKD,Inspektotar,Bagian Hukum dan Organisasi.

 

 

Humas Pemkot

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.