Puluhan Kapitalaung dan Majelis Tua Kampung Asal Sangihe Datangi Kantor DPRD Sulut

0
36

TNews, SULUT – Sedikitnya 90 orang Pemerintah Desa Kapitalaung dan Majelis Tua – tua kampung Kamis (27/7/2023) sekitar pukul 16:25 atau jam 4: 25 menit mendatangi Kantor DPRD Sulut. Kehadiran puluhan pemerintah desa dan majelis kampung ini guna menghadiri acara  penutupan kegiatan Bimbingan Tenis (Bimtek) peningkatan kapasitas aparat desa dan majelis tua tua kampung se kecamatan Tabukan selatan tengah Kabuoaten Sangihe. Dalam sambutannya Ketua DPRD dr Fransiskus Andi Silangen mengatakan kegiatan peningkatan kapasitas adalah salah satu bagian dari rencana pengentasan kemiskinan yang fokusnya ada di pedesaan. Menurutnya ada empat kunci yakni komitmen dari pemimpin daerah 2 kesepakatan kesepahaman politik, 3 keakuratan data dalam upaya pelaksanaan program. 4 Semangat juang yang sama.

Lewat kegiatan ini ada banyak hal yang bisa diserap dan kiranya kegiatan ini akan berkesinambungan sehingga tujuan kita bagaimana Kabupaten Sangihe maju dan semakin maju dalam berbagai aspek pembangunan,” kata Silangen.

Pada kesempatan yang sama Pejabat Bupati Kabupaten Sangihe dr Riny Tamuntuan dalam sambutannya juga menyampaikan pelaksanaan Bimtek diharapkan menjadi momentum apa yang sudah dilihat dan dipelajari akan menjadi bekal dalam menjalankan roda pemerintahan di kampung masing- masing.” Harus ada output yang dapat dibawa ke desa masing-masing sekaligus para Kapitalaung dan Majelis Tua menjadi contoh bagi masyarakat,” kata Tamuntuan.

Juga istri dari Ketua DPRD Sulut ini berharap ada sinergitas mulai dari pelaksanaan pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa dapat terlaksana terutama kasus Kemiskinan ekstrim yang saat ini di kabupaten sangihe masih tercatat 1.040 jiwa dan juga kasus stanting” Salah satu target dan mendaoat oerhatian yakni kasus Kemiskinan Ekstrim dan Stanting menjadi perhatian dengan memanfaatkan dana desa,” ungkap Tamuntuan

Peserta bimtek meliputi Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara, Kecamatan Tamako, Kecamatan Manganitu Selatan dan juga dari Kecamatan Kendar.

Sheraa Umboh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.