Ini Alasan Belanda Disebut Negara Bersepeda

0
209
Negeri Sepeda Belanda (foto: google)

TNews, WISATA – Belanda identik sebagai negara bersepeda. Ternyata, jumlah sepeda yang ada sudah melebihi jumlah penduduknya, lho!

Seperti yang mungkin sudah diketahui banyak orang, moda transportasi utama masyarakat Belanda adalah sepeda. Bersepeda menjadi aktivitas yang umum. Sudah begitu, gowes memang nyaman dilakukan di Belanda merupakan negara dengan landskap datar dan luas wilayah yang cenderung kecil.

Tapi, tahukah travelers bahwa hingga saat ini, jumlah sepeda di Belanda lebih banyak dibanding jumlah penduduknya?

Berdasarkan data dari laman Verder Fietsen, pada 2021 diperkirakan terdapat 23 juta sepeda di Belanda. Adapun, jumlah penduduk yang ada hanya sekitar 17 juta jiwa. Hal ini menunjukkan bahwa setiap satu penduduk memiliki 1,4 sepeda.

Pada kenyataannya, secara umum penduduk Belanda hanya memiliki satu sepeda. Namun, terdapat beberapa kalangan yang memiliki lebih dari dua sepeda. Penduduk yang memiliki lebih dari satu sepeda biasanya membedakan jenis sepeda yang mereka pakai sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Untuk keperluan sehari-hari seperti berbelanja ke pasar, mereka biasanya menggunakan sepeda yang sudah tua. Sementara itu, untuk bekerja, berkumpul bersama teman-teman, mereka menggunakan sepeda baru yang biasanya berharga cukup mahal.

Dari 23 juta sepeda yang ada di Belanda, sekitar 3 juta atau 13% jumlahnya merupakan sepeda elektrik. Diperkirakan, jumlah sepeda elektrik ini akan terus bertambah di tahun-tahun yang akan datang. Karena pada 2020, hampir 50% dari sepeda yang masyarakat beli merupakan sepeda elektrik.

Selain karena wilayah Belanda yang cenderung datar, jumlah sepeda itu juga disebabkan oleh fasilitas bersepeda yang sangat memadai. Dengan luas wilayah sekitar 41.526 km2, menurut data dari laman Dutch Review, Belanda memiliki 32.000 km jalur sepeda. Tidak hanya itu, secara keseluruhan Belanda juga memiliki fasilitas parkir sepeda terluas di dunia.

Dengan sarana dan kondisi yang mendukung, tidak heran jika masyarakat Belanda tetap menjadikan sepeda sebagai moda transportasi utama mereka. Hingga akhirnya jumlah sepeda yang ada dapat melebihi jumlah penduduknya.

Jadi, jika travelers berkunjung ke Belanda, jangan kaget ya dengan banyaknya sepeda yang melintas!

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.