Keindahan Wisata Gunung Tunak Lombok

0
118
ilustrasi

TNews, WISATA – Lombok dengan berjuta pesonanya membuat para wisatawan tertarik untuk berkelana di pulau serpihan surga ini. Lombok merupakan sebuah paket komplit ketika Anda memutuskan akan berwisata. Hamparan pantai dengan pasir putih yang begitu memukau, birunya air laut yang jernih dan masih sangat asri menjadi daya tarik tersendiri. Anda bukan hanya akan dimanjakan dengan indahnya laut, tetapi juga terdapat gunung Rinjani, sebuah gunung menjadi impian para pendaki.

Salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi saat liburan ke Lombok adalah Gunung Tunak. Sebuah destinasi wisata yang amat terjangkau, tetapi sangat memesona, sehingga membuat para wisatawan selalu ingin untuk dapat kembali ke tempat nan indah ini. Gunung tunak merupakan salah satu konservai yang berada di bawah pengelolaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) NTB.

Berlokasi di Jalan Raya Awang, Desa Mertak, Gunung Tunak masuk dalam wilayah Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Objek wisata Gunung Tunak berjarak sekitar 13 kilometer dari Sirkuit MAndalika atau sekitar 15-20 menit ketika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Ketika mengunjungi Gunung Tunak Anda harus menempuh jarak sejauh 85 kilometer atau sekitar 2,5 jam dari pusat kota Mataram.

Adapun rutenya ialah dari Kota Mataram menuju Praya lalu ke Sengkol, lalu menuju Kuta, mengarah ke Desa Mertak dan akan sampai dikawasan Tunak. Jarak yang jauh, tapi sebading dengan keindahan panorama yang akan Anda dapat. Lelah diperjalanan akan terbayar dengan hijaunya kawasan Gunung Tunak, dan Indahnya hamparan lautan yang sukar untuk dilewatkan.

Harga tiket yang sangat terjangkau membuat para wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak budget. Tiket masuknya hanya sekitar Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 7.500 untuk hari libur. Untuk biaya restibrusi parkir mobil senilai Rp 10.000 dan motor Rp 5.000. Namun, tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Taman Wisata Gunung Tunak ini ialah hutan lindung yang berada pada dataran rendah, berada pada ketinggian 0-105 mdpl. Anda akan menikmati birunya laut samudra yang amat memesona dari atas tebing kapur. Anda akan begitu mensyukuri atas berbagai nikmat Tuhan, karena dapat menikmati keindahan samudrada dari hamparan gunung tunak. Dari atas tebing, Anda akan menikmati potongan batu karang yang nyaris mirip seperti di Raja Apat. Sungguh wisata yang menakjubkan.

Saat datang saat sore hari, Anda akan disuguhi dengan pemandangan sunset yang memukau. Langit yang berwarna jingga dan air laut nan jernih, membuat setiap orang terpukau serta selalu ingin menghabiskan petang di Gunung Tunak.

Taman wisata Gunung Tunak sangat cocok untuk para pecinta fotografi. Sebab, setiap sudut taman wisata Gunung Tunak adalah objek indah untuk diabadikan. Saat datang di akhir musim penghujan, Anda akan disuguhi dengan panorama bukit yang didominasi oleh warna hijau. Taman Wisata Gunung sekitar 1.200 hektar. Lalu kapan Anda akan memutuskan untuk berlibur ke objek wisata Gunung Tunak?

 

Sumber : yoursay.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.