Wisata Sungai Biru Mempesona

0
261
Wisata Air Nyet Sesaot

TNews, WISATA – Mengunjungi Pulau Lombok adalah salah satu pilihan ketika anda bingung menghabiskan jatah cuti atau hendak mencari tempat indah untuk staycation dengan keluarga. Lombok dengan segudang tempat wisata yang sangat asri dan alami membuat siapa saja yang pernah berkunjung ingin kembali menginjakkan kakinya ke sana.

Saat anda memutuskan berlibur ke Lombok anda akan disuguhi paket pemandangan alam yang luar biasa. Kata orang Lombok adalah serpihan surga, yang membuat setiap wisatawan terpukau dengan keindahannya. Dari hamparan pantai dengan pasir putih yang menyerupai biji ketumbar, air terjun gagah yang sangat sejuk hingga sungai yang berwarna biru. Objek tersebut dikenal dengan nama wisata Aik Nyet Sesaot.

Objek wisata Aik Nyet Sesaot ialah salah satu wisata alam yang meyuguhkan pemandian umum yang bernuansa hutan wisata. Penamaan Aik Nyet berasal dari bahasa Sasak yaitu  Aik (Air) dan Nyet (Dingin). Maka, Aik Nyet bermakna objek wisata air dingin. Objek wisata ini merupakan daerah hutan wisata Sesaot. Hal yang paling menarik dari objek wisata ini adalah air sungai yang berwarna biru.

Objek wisata Aik Nyet Sesaot berada di tenggah hutan wisata Sesaot, sungai ini sangat jernih terdapat pula banyak batu besar. Beberapa kelompok masyarakat Lombok menganggap sungai Aik Nyet Sesaot adalah air suci, karena air sungai ini berasal dari Gunung Rinjani yang dipercayai menjadi tempat para dewa. Ada pula yang menganggap bahwa air sungai ini dapat menyembuhkan penyakit kulit. Saat musim kemarau panjang air sungai ini tidak pernah kering.

Wisata Aik Nyet Sesaot berlokasikan di Desa Buwun, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Jarak dari pusat Kota Mataram sekitar 25 kilometer dengan jarak tempuh kisaran 1 jam. Terdapat dua pilihan jalur alternatif yaitu, Jalur Utara Lingsar atau melalui Jalur Selatan Narmada.

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu mahal untuk berlibur ke tempat ini hanya dengan Rp. 5.000, anda sudah bisa menikmati kesejukan dari air sungai yang berwarna biru ini. Terdapat kolam renang dengan air yang begitu jernih untuk anda yang enggan berendam di sungai.

Objek wisata purekmas Desa Sesaot mengantongi sertifikat CHSE atau kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian Lingkungan dari Kemenrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.  Lalu, kapan anda akan berlibur ke Lombok dan mengunjungi objek wisata Aik Nyet Sesaot?

 

Sumber : suara.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.