Beranda blog

Kompetisi Memasak Virtual Pertama di Indonesia: Virtual Chef, Real Food!

0

Tastemade Indonesia dan Digikagi meluncurkan kompetisi memasak pertama di Indonesia bagi para konten kreator virtual (Vtubers) bernama Taste Trials. Acara ini akan ditayangkan sepenuhnya secara online mulai bulan Juli 2024.

JAKARTA, INDONESIA – 25 April 2024 – Tastemade Indonesia bekerjasama dengan Digikagi dengan bangga mengumumkan pelaksanaan Kompetisi Memasak Virtual Taste Trials yang akan ditayangkan mulai bulan Juli 2024 mendatang di Channel Tastemade Indonesia. Acara ini merupakan upaya untuk merayakan bakat dan kreativitas para pelaku Virtual Youtubers (Vtubers) di bidang kuliner, serta memperkenalkan inovasi dalam kancah konten livestreaming lokal.

Image

Vtubers adalah kreator yang menghasilkan konten dengan berwujud virtual avatar. Diperkenalkan di Jepang sejak awal tahun 2018an, Vtubers tumbuh pesat di Indonesia pada tahun 2020 dan hingga saat ini sudah memiliki total fanbase di Indonesia sebanyak lebih dari 30 juta orang. Jumlah pelaku vtubers di Indonesia sendiri untuk saat ini sudah ada lebih dari 1000 dan diperkirakan pertumbuhannya masih akan berlangsung secara pesat hingga beberapa tahun mendatang.

Taste Trials diharapkan akan menjadi platform bagi para pelaku di industri vtubers untuk menunjukkan keahlian memasak mereka secara langsung kepada penonton daring yang setia mengikuti konten mereka. Kompetisi ini juga akan menjadi tempat kolaborasi antara vtubers dengan audience-nya dalam membuat sebuah masakan yang paling mewakili persona dari idola mereka secara kreatif.

Setiap masakan yang dihasilkan akan “diadili” (itulah mengapa namanya Taste-Trials atau Pengadilan Rasa) oleh Chef Kevin Pangemanan yang juga akan turut menentukan masakan apa saja yang akan dipertandingkan di acara ini.

Image

Taste Trials akan ditayangkan melalui kanal Tastemade dan para Vtubers yang terlibat. Acara ini menargetkan total penonton sebanyak 30.000 dan total 4 (empat) episode yang akan ditayangkan mulai bulan Juli 2024 mendatang.

Nico Alyus, CEO dari Digikagi mengatakan pendaftaran calon peserta akan mulai dibuka pada bulan Mei 2024 besok, dan Roby Bagindo dari Tastemade Indonesia menginformasikan bahwa ada total hadiah 10 juta Rupiah yang akan dibagikan bagi para pemenang Taste Trials 2024 ini. Tidak hanya itu, acara ini juga diharapkan menjadi jembatan antara pelaku industri kuliner dan pelaku bisnis vtubers untuk semakin banyak berkolaborasi ke depannya.

Image

Roby mengatakan pihaknya membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para pelaku industri kuliner untuk ikut terlibat di dalam acara ini yang diharapkan bisa menjadi acara rutin sekali hingga dua kali dalam setahun. Sementara Nico mengajak para Vtubers yang berminat menjadi kontestan untuk mengikuti kanal social media yang dimiliki oleh Tastemade Indonesia dan Digikagi agar mendapatkan informasi-informasi terkini serta tidak melewatkan kesempatan ketika pendaftaran mulai dibuka di Bulan Mei 2024 mendatang.

Image

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara Taste Trials, silakan hubungi Gemilang di gemilang@digikagi.com atau Roby di roby@tastemade.com.

About Digikagi
Digikagi adalah agency virtual human yang berdiri sejak 2022 dan berfokus pada pembuatan dan pengembangan konten kreator virtual (Vtubers).

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Kelas AI Tools for Digital Professionals from Edspert for Corporation Dukung Perkembangan Perusahaan dalam Era Digital

0

Edspert for Corporation mengadakan kelas AI Mastery sebagai bentuk support meningkatkan kemampuan penggunaan AI pada karyawan dan profesional

Berkembangnya kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence merupakan suatu kebutuhan yang meningkat sesuai tuntutan zaman untuk meningkatkan produktivitas kerja. AI dapat diterapkan di berbagai sektor, mulai dari transportasi, kesehatan, pendidikan, keamanan, dan lainnya. Para profesional mulai mengandalkan teknologi AI untuk efisiensi kinerja.

Teknologi AI secara optimal mendukung pekerjaan para profesional dalam berbagai bidang, misalnya data scientist, AI Engineer, dan project manager. Kehadiran AI mempercepat pengambilan keputusan para manajer dan profesional dengan analisis yang prediktif dan pemantauan real-time. 

Pada Maret 2024 Program XCLASS AI Mastery, Edspert for Corporation menyediakan kelas praktikal bagi para profesional mengenai implementasi AI Tools spesifik untuk Data Scientist, AI Engineer, dan Project Management. Ahmad Zankie, CEO Edscorp, mendukung penuh kehadiran teknologi AI untuk meningkatkan keterampilan integrasi AI Tools.

X-Class AI Mastery: AI for Data Science, AI Engineering, and Project Management menyediakan kelas praktik yang dilengkapi dengan sesi hand-on, on deck support, dan konsultasi dengan praktisi  yang terbuka bagi masyarakat umum, AI Enthusiast, AI Engineer, Data Scientist, Data Engineer, Project Managers, Product Manager, Engineer, maupun mahasiswa.

Image

Penyelenggaraan XCLASS AI Mastery ini berkolaborasi dengan Kalbe Digital University dan PT Kalbe Farma.

Edscorp bisa continue to operate di Indonesia untuk bantu korporasi untuk bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi AI untuk bisnisnya saat ini, dengan AI kita bisa doing more with less” Ujar Risman Adnan, Ph. D, Corporate Digital Technology Director Kalbe Digital University.

Melalui kelas ini, Edspert for Corporation menyediakan solusi yang dapat menunjang peningkatan kualitas produk dan layanan perusahaan melalui pendalaman materi dan keterampilan AI Engineering sehingga dapat menunjang pelayanan perusahaan jangka panjang.

“Kami berusaha penuh untuk memberikan solusi yang terbaik bagi perusahaan rekan-rekan semua, dalam kelas ini Edscorp memberikan study case dan pengelolaan terhadap proyek Artificial Intelligence yang efisien sehingga para peserta akan memiliki keterampilan secara praktis dan mampu mengambil keputusan yang lebih cerdas dan strategis berdasarkan analisis data yang akurat ” CEO Edscorp, Ahmad Zankie.

"Situasi
Situasi Kelas X CLASS AI Mastery para profesional mempelajari AI Tools

AI Bukan Sekedar Solusi Tetapi Inovasi

Pelatihan AI Mastery bersama Edscorp memberikan urgensi yang jelas dalam mempersiapkan para profesional untuk menghadapi tantangan dan peluang di era teknologi modern. Melalui pelatihan tools AI dan data science, fondasi perusahaan akan menjadi semakin kuat dalam membuat keputusan yang berbasis bukti dan optimalisasi kinerja bisnis.

Artificial Intelligence atau AI hadir diimbangi dengan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang sukses dan inovatif di dunia yang terus berkembang ini. XCLASS AI Mastery by Edscorp akan hadir kembali pada bulan Juni mendatang.

Pelaksanaan kelas AI Tools for Digital Professional, XCLASS AI Mastery, diharapkan dapat menjadi ujung tombak bagi kesiapan rekan-rekan perusahaan untuk mahir di bidang kecerdasan buatan AI. Harapannya teknologi AI tidak hanya menuntut kita untuk sekedar mahir mengendalikan namun juga siap untuk pengembangan solusi AI di masa mendatang.

More Info: Edscorp

(Edscorp/Zahrah)

About Edspert.id
Edspert for Corporation adalah perusahaan yang menyediakan layanan Upgrade Skill SDM untuk menunjang peningkatan performa perusahaan dalam bentuk Customizable Training. Sejak 2023 Edspert for Corporation berkomitmen menjadi partner Anda dalam meningkatkan performance perusahaan, institusi, atau bisnis Anda di tengah era digital. Edspert for Corporation menyediakan berbagai pelatihan baik dalam bidang Cyber Security, Microsoft Suite, Deep Technology, hingga IoT. Temukan solusi end-to-end upgrade skill karyawan bersama edspert dengan pelatihan yang fully flexible

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Webinar LindungiHutan, Ungkap Langkah Penting Bisnis Berkelanjutan Melalui Green Branding

0

LindungiHutan kembali menghadirkan serial webinar Green Skilling dengan topik “Green Branding” pada Sabtu, 27 April 2024 pukul 15.15-16.15 WIB.

Semarang, 26 April 2024 – Dalam menghadapi krisis iklim, setiap individu hingga perusahaan memiliki andil dalam menjaga kelestarian lingkungan. Setiap tindakan memiliki dampak signifikan yang mengharuskan kita bergerak aktif menyelamatkan bumi.

Dalam konteks bisnis, praktik ramah lingkungan bukan sekadar tanggung jawab sosial tetapi untuk keberlanjutan perusahaan. Kampanye lingkungan, tidak hanya untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu lingkungan melainkan menjadi cara untuk mengubah perilaku dan kebiasaan yang tidak ramah lingkungan.

Banyak perusahaan yang mengadopsi praktik Green Branding untuk membangun citra perusahaan ramah lingkungan. Agar upaya tersebut berhasil, perusahaan perlu memahami strategi dan penerapannya dalam bisnis.

Oleh karena itu, LindungiHutan kembali menghadirkan serial Webinar Green SkillingPractical Strategies for Green branding Implementation: From Theory to Action” pada 27 April 2024 pukul 15.15-16.15 WIB.

Webinar ini dihadiri oleh Founder & CEO OXO Group Indonesia, Johannes Weissenbaeck, sebagai narasumber utama yang akan membahas mengenai strategi, studi kasus hingga dampak dari Green Branding terhadap kelangsungan bisnis perusahaan.

Selama webinar, peserta berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan pemateri melalui sesi tanya jawab. Peserta yang beruntung akan mendapat hadiah menarik dari LindungiHutan.

Daftarkan diri Anda dalam Webinar Green Skilling “Practical Strategies for Green branding Implementation: From Theory to Action” secara GRATIS melalui http://tinyurl.com/greenskilling5

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

LIF Indonesia dipercaya menjadi mitra acara wellness The Gaia Hotel Bandung

0

Jakarta, 23 April 2024 – LIF Indonesia, penyedia terkemuka dalam jasa Employee Wellness Program di Indonesia, dengan bangga mengumumkan kemitraannya dengan The Gaia Hotel Bandung, salah satu hotel bintang 5 di Bandung, dalam menyelenggarakan acara berprestise, “Active Wellness Retreat”.

Active Wellness Retreat merupakan paket menginap selama 4 hari 3 malam di hotel The Gaia Bandung, yang disertai dengan rangkaian aktivitas wellness yang menarik bagi para peserta. Peserta akan memperoleh pengalaman premium dan unik dalam menjalani aktivitas wellness di lingkungan alam yang indah, hijau, dan sejuk yang berlokasi di daerah Setiabudi, Bandung, Jawa Barat. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 9-12 Mei 2024.

“Kami sangat senang memiliki LIF sebagai salah satu mitra utama untuk Active Wellness Retreat kami. Keahlian LIF akan membantu tamu kami menggunakan teknologi dalam mencapai tujuan kesehatan mereka.”, ungkap Anggle Sugianto, Brand Director The Gaia Hotel Bandung.

Sebagai mitra resmi, LIF Indonesia akan memainkan peran kunci dalam mengisi agenda acara ini. Salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh LIF adalah pemantauan aktivitas fisik peserta selama acara menggunakan activity tracker yang terhubung dengan aplikasi LIF. Aplikasi LIF ini dilengkapi fitur-fitur gamifikasi yang bisa membuat perjalanan hidup sehat menjadi menyenangkan.

LIF Indonesia juga akan menyediakan pengukuran komposisi tubuh untuk mengevaluasi kondisi fisik peserta secara holistik. Dengan bantuan analisis yang akurat, peserta akan mendapatkan wawasan mendalam mengenai kesehatan dan kebugaran mereka.

Tidak hanya itu, LIF Indonesia juga akan menyelenggarakan kelas olahraga, konsultasi nutrisi, dan health talk yang menarik bagi peserta. Para wellness experts dari LIF akan memberikan pengetahuan yang berharga seputar kebugaran dan kesehatan, memberikan inspirasi serta motivasi bagi peserta untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat.

Sales & Marketing Director LIF Indonesia, Anton Supono mengungkapkan, “Sebagai perusahaan yang berdedikasi untuk membangun pola hidup sehat dan aktif, kami merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan oleh The Gaia Hotel Bandung untuk menjadi mitra dalam acara penting ini”.

Dapatkan pengalaman wellness terbaik Anda di acara “Active Wellness Retreat”. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik link disini atau kunjungi linktr.ee/activewellnessretreat

Image

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Bolsel Tertinggi Stunting, DPRD Sorot Kinerja Iskandar – Deddy

0
Karikatur iskandar - deddy stunting/By: Hijrah Dondo

TNews, BOLSEL – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menempati peringkat tertinggi dalam angka stunting di Sulawesi Utara, dengan angka 33 persen pada tahun 2023.

Ini menjadi sebuah fakta yang mengundang keprihatinan dan membutuhkan perhatian serius dari pemerintah setempat, terutama dari Bupati dan Wakil Bupati.

Data yang menunjukkan angka stunting yang tinggi ini menyoroti kegagalan pemerintah daerah Bolsel yang dipimpin Bupati Iskandar Kamaru dan wakil Deddy Hamid dalam menangani masalah kesehatan masyarakat.

Hal ini pun mendapat sorotan dari Wakil Ketua DPRD Bolsel Hartin Badu. Legislator Partai Golkar ini menyebut, stunting merupakan masalah serius dalam pertumbuhan anak-anak, memerlukan tanggapan cepat dan tindakan konkret untuk mengatasinya.

“Peran Bupati dan Wakil Bupati Bolsel dianggap sangat penting dalam menangani masalah ini. Mereka memiliki peran kunci dalam merancang dan melaksanakan kebijakan serta program-program yang dapat mengurangi angka stunting di daerah daerah kita ini,” ungkap Badu kepada Tim Redaksi Totabuan News.

Ia mengatakan, Kritik kepada pemda mencerminkan panggilan kepada seluruh aparat pemerintahan di Bolsel untuk meningkatkan keseriusan dan fokus dalam menangani masalah kesehatan masyarakat, terutama stunting.

Apalagi kata Hartina, anggaran penanganan stunting di Bolsel cukup besar.

“Langkah-langkah konkret, seperti peningkatan akses terhadap gizi yang berkualitas, pelayanan kesehatan yang lebih baik, serta edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang, perlu segera diambil. Anggarannya lumayan besar, jangan sampai disalah gunakan,” tegasnya.

Dengan keseriusan dan komitmen yang tepat dari pemerintah daerah Bolsel, diharapkan angka stunting dapat dikurangi secara signifikan, sehingga meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup anak-anak di wilayah tersebut. (**)

Webinar LindungiHutan: CSR Berbasis Lingkungan sebagai Salah Satu Solusi Bisnis Berkelanjutan Bagi Perusahaan

0

LindungiHutan adakan Webinar Green Skilling dengan topik Corporate Social Responsibility (CSR) diikuti 77 peserta pada 20 April 2024.

LindungiHutan menyelenggarakan Webinar Green Skilling ke-4 “Corporate Social Responsibility (CSR) Berbasis Lingkungan sebagai Salah Satu Solusi Bisnis Berkelanjutan” (20/4). Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait pentingnya pelaksanaan CSR pada perusahaan untuk mendukung keberlanjutan bisnis. 

Kegiatan webinar diikuti oleh 77 peserta yang terdiri atas pelaku bisnis/startup hingga karyawan perusahaan dari berbagai daerah di Indonesia.

Peserta Webinar Green Skilling LindungiHutan.

Narasumber yang dihadirkan adalah CSR Specialist PT Mitra Multi Indomining (MMI), Nor Qomariyah, S.HI., MM.. 

Mengawali pemaparannya, Nor menyampaikan bahwa banyak stakeholder terlibat dalam kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini. Mulai dari perusahaan, pemerintah, dan masyarakat.

“Melihat kerusakan lingkungan saat ini ada beberapa aktor yang andil dalam pencemaran lingkungan seperti perusahaan, pemerintah, dan masyarakat. Hal-hal yang terjadi karena kesadaran secara sosial yang masif sehingga perlu kita dorong untuk perbaikan bersama,” ujarnya.

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan strategi jangka panjang untuk keberlanjutan bisnis perusahaan dengan harapan berdampak positif pada aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

“CSR sebuah konsep yang memiliki banyak tanggung jawab yang diperuntukkan bagi stakeholder, konsumen, karyawan, shareholder, komunitas dan keseluruhan aspek di perusahaan. Secara keseluruhan CSR tidak hanya untuk memenuhi ekspektasi secara sosial saja tetapi penting untuk membina hubungan positif dengan stakeholders dan memastikan keberhasilan bisnis jangka panjang”

Saat ini kita dihadapkan dengan persoalan iklim secara nyata. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat dilakukan melalui kegiatan konservasi lingkungan yang dapat dilakukan perusahaan.

“CSR mencakup praktik bisnis yang bertujuan untuk menjaga bisnis tetap berjalan dan berkelanjutan salah satunya melaksanakan konservasi lingkungan dengan menerapkan praktik ramah lingkungan, mengurangi emisi karbon, meminimalkan limbah, menghemat air, dan menggunakan sumber energi terbarukan sehingga memberikan dampak ekologis yang signifikan pada suatu bisnis,” ucap Nor.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

VRITIMES bersama Seruni.id Menjalin Kemitraan Media Strategis untuk Memperluas Jangkauan Informasi Berkualitas di Indonesia

0

Jakarta, 25 April 2024 — VRITIMES, platform media teknologi yang inovatif, hari ini mengumumkan kemitraan strategis dengan Seruni.id, situs berita dan informasi yang terkemuka. Kemitraan ini menandai langkah signifikan dalam upaya memperkaya sumber informasi bagi masyarakat Indonesia dengan konten yang edukatif, inspiratif, dan terpercaya.

Dalam kerjasama ini, VRITIMES akan berbagi sumber daya dan jaringan distribusi dengan Seruni.id untuk memperluas jangkauan pembaca serta meningkatkan akses terhadap informasi yang mendidik dan memberdayakan. Kolaborasi ini diharapkan akan menciptakan sinergi yang kuat dalam penyampaian berita dan artikel yang mendalam dan beragam.

VRITIMES, yang telah dikenal sebagai penghubung antara pembuat berita dan pembaca melalui platform distribusi press release canggih, akan membawa teknologi dan analitik yang kuat ke meja. Sementara itu, Seruni.id akan menambahkan nilai dengan konten kreatif dan narasi yang menarik, yang telah menjadi ciri khas mereka.

“Kami sangat antusias untuk bekerja sama dengan Seruni.id,” kata Ferry, CEO VRITIMES. “Visi kami untuk membuat informasi lebih mudah diakses dan terjangkau sejalan dengan misi Seruni.id untuk mengedukasi dan menginspirasi. Kami yakin bahwa kerjasama ini akan membawa dampak yang besar dan positif bagi kedua pihak dan, yang lebih penting lagi, bagi masyarakat luas.”

Kemitraan antara VRITIMES dan Seruni.id diharapkan akan memulai era baru dalam jurnalisme digital di Indonesia, di mana teknologi dan kualitas konten dapat berjalan beriringan demi mencapai masyarakat yang lebih terinformasi dan teredukasi.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Bukan CEP atau E2L, Ini Figur Yang akan Diusung KSSM di Pilgub Sulut 2024

0
KSSM

TNews, SULUT – Koalisi Solidaritas Sulut Maju (KSSM), sebuah gabungan kekuatan politik yang terdiri dari Partai Golkar, Nasdem, Gerindra, dan PSI, bakal mengambil langkah mengejutkan dalam persiapan menghadapi Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara (Pilgub Sulut) 2024 mendatang.

Sebagaimana yang telah tersebar luas dalam rumor politik, banyak yang berspekulasi bahwa CEP atau Elly Lasut akan menjadi pilihan utama dari KSSM.

Namun, bakal ada keputusan yang mengejutkan, KSSM kans untuk menempatkan fokusnya pada pasangan calon baru yang dianggap memiliki potensi besar untuk memimpin Sulut ke masa depan yang lebih cerah.

Pasangan calon yang dipilih oleh KSSM untuk didorong dalam Pilgub Sulut bukanlah CEP atau Elly Lasut, melainkan Carlo Tewu dan Victor Mailangkay.

Hal ini mencuat pasca pertemuan antara empat ketua partai politik yang tergabung dalam KSSM bersama dengan Carlo Brix Tewu, nampaknya makin memperkuat sinyal calon gubernur Sulut 2024.

Menurut sumber internal, keputusan untuk mengusung Carlo Tewu dan Victor Mailangkay sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulut mendatang telah menguat secara signifikan setelah pertemuan tersebut.

Kedua tokoh tersebut dinilai memiliki rekam jejak yang kuat dalam berbagai aspek pembangunan dan kepemimpinan, serta dianggap mampu mengemban amanah dengan baik demi kemajuan Sulut yang lebih baik.

Dengan demikian, Pilgub Sulut tahun ini diprediksi akan semakin menarik dengan kehadiran pasangan calon baru dari KSSM, menghadirkan pilihan yang menarik bagi masyarakat Sulut dalam menentukan arah politik dan pembangunan provinsi mereka ke depan.

Peliput : Konni Balamba

LSM P3H/LPPASRI Laporkan 8 ASN Pejabat Pemko Binjai ke KASN atas Dugaan Pelanggaran Netralitas

0

TNews, KOTA BINJAI –  Dalam upaya menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam konteks politik, kedua lembaga LSM P3H/LPPASRI di Kota Binjai akan melaporkan 8 ASN pejabat Pemko Binjai ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Dugaan pelanggaran muncul setelah ke-8 pejabat tersebut menghadiri petahana Amir Hamzah sebagai Balon Walikota Binjai periode 2024-2029 dan mendaftar ke Partai Golkar di Jalan Chandra Kirana Binjai Kota.

Zulkifli Gayo, perwakilan LSM, mengungkapkan bahwa langkah ini diambil sebagai tindakan terhadap dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh pejabat ASN Pemko Binjai.

BACA JUGA : Delapan Pejabat Pemko Binjai Diduga Langgar Netralitas, Ini Daftar Namanya

“Pelanggaran tersebut melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang larangan keterlibatan ASN dalam politik praktis,” tegas dia.

Di antara nama-nama pejabat yang dilaporkan termasuk Pejabat Kesbangpol Pemko Binjai, Pejabat Kepala Dinas Dispora Pemko Binjai, Pejabat Kepala Dinas Badan Kepegawaian Daerah (BKD Pemko Binjai), dan lainnya.

Pelanggaran yang diduga meliputi berbagai bentuk keterlibatan dalam politik praktis seperti mendeklarasikan diri sebagai bakal calon, menghadiri deklarasi bakal calon, dan bergabung menjadi anggota partai politik.

BACA JUGA : Turut Antar Amir Hamzah daftar Calon Wali Kota, Kaban Kesbangpol Binjai: Kami Loyal kepada Pimpinan

Diketahui, pentingnya netralitas ASN dalam pemilu ditegaskan dalam Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014, yang menegaskan asas “Netralitas” sebagai salah satu asas dalam kebijakan dan manajemen ASN. Netralitas ini penting untuk menjaga kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh ASN tanpa adanya pengaruh politik yang memihak, serta untuk mencegah terjadinya konflik kepentingan yang merugikan negara dan masyarakat.

KASN akan melakukan penyelidikan terhadap dugaan pelanggaran tersebut, sesuai dengan peraturan yang berlaku, untuk menegakkan netralitas ASN dalam pemilu dan memastikan integritas dalam pemerintahan daerah.

Peliput :  Nanda Putra

Kongres VI : PAN Sulut Serukan ‘Hattrick’ untuk Ketum Zulhas

0
Zulkifli Hasan

TNews, SULUT – Dalam momentum menjelang Kongres VI Partai Amanat Nasional (PAN), gelombang dukungan terhadap Zulkifli Hasan untuk kembali memimpin PAN semakin menguat. Dari Sulawesi Utara (Sulut), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) hingga Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di tingkat kabupaten dan kota secara bulat meminta agar Zulkifli Hasan, atau yang akrab disapa Zulhas, kembali memimpin PAN sebagai Ketua Umum.

Ketua DPW Sulut, Bobi Daud, dan Ketua DPD Kota Kotamobagu, Anugrah Begie Gobel, menyatakan keyakinan mereka terhadap Zulhas. Menurut Gobel, sosok yang kini menjabat Menteri Perdagangan RI mampu menjaga stabilitas PAN sebagai partai politik yang mapan.

Begie Gobel mengatakan, pada setiap menjelang pesta demokrasi, dalam survey, PAN selalu dalam posisi terancam tidak lolos Pileg. Kendatipun faktanya, PAN selalu lolos ‘parliamentary treshold’ di detik akhir.

“Namun dalam Pileg kali ini, PAN sudah menunjukan tren menembus di atas empat persen, yakni enam persen. Malah kenyataannya, hasil Pileg 2024 PAN malah mencapai 7 persen dengan kursi DPR RI mencapai 48 kursi,’’ papar Gobel.

Artinya, kata anggota DPRD Kota Kotamobagu ini, Zulhas sukses menciptakan stabilitas dalam kepemimpinannya. Selain itu, kata dia, di peta politik nasional, di bawah Zulhas, PAN menjadi partai politik yang solid dan diperhitungkan. Yang tak kalah pentingnya, kata Gobel lagi, kegigihan Zulhas mendukung Prabowo sebagai calon Presiden, sejak 2019 –PAN mendukung Prabowo sejak 2014—membuktikan naluri tajam dari Zulhas. “Kotamobagu ajukan Zulhas nanti di Kongres. Taka da nama lain,’’ mantap Gobel.

Senada dengannya, Bobi Daud juga mengutarakan hal yang sama. “Malah, kami DPW Sulut meminta agar dalam Kongres VI nanti calon tunggal saja, Bang Zulhas!” mantap politikus yang kerap disapa Boda ini.

Untuk diketahui, PAN adalah salah satu partai politik yang setiap hajat kongres selalu dinamis. Nyaris taka da figure yang menjabat Ketua Umum dua kali. Sejak didirikan pada 23 Agustus 1998, PAN selalui dinahkodai Ketum tidak lebih dari dua periode. Amin Rais memimpin pada 1998-2000, saat PAN awal didirikan.

Tokoh reformasi nasional ini kemudian menjadi Ketua Umum lagi pada 2000-2005, saat mulai dilakukan pemilihan oleh peserta. Soetrisno Bachir kemudian menjadi Ketum periode 2005-2010.

Hatta Rajasa melanjutkan period berikut, 2010-2015. Zulhas yang merupakan Sekjen masa Soetrisno Bachir, kemudian menjadi penantang Hatta pada Kongres IV di Bali, pada 2015. Zulhas kemudian memenangkan pertarungan sengit itu.

Giliran Kongres V di Kendari, 2020, Zulhas ditantang oleh Drajad Wibowo dan Mulfahri Harahap. Namun, Zulhas membuktikan keperkasaannya dan menciptakan sejarah menjadi Ketum yang terpilih dua kali berturut, yakni lewat Kongres IV dan V. Jika kembali terpilih, maka Zulhas akan menciptakan sejarah yang sulit disamai dalam partai berlambang matahari ini. ***+

BERITA TERBARU