‎Yasti Pimpin Upacara Peringati Hari Lahirnya Pancasila Ke-72

0
79

ADVERTORIAL, BOLMONG – Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila yang bertepatan pada tanggal 1 juni 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Ke-72, bertempat di lapangan Kantor Bupati di Lolak, Kamis (1/6/2017).

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dalam kesempatan tersebut menjadi Inspektur Upacara (Irup), dan dalam sambutannya mengatakan, bahwa Pancasila merupakan hasil dari kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 juni 1945, yang di pidatokan Ir Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 agustus 1945.

“Adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara, sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,” ujar Yasti

Dirinya menambahkan, yang harus diingat bahwa kodrat bangsa indonesia adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Rote adalah keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk indonesia. Itulah Ke-Bhineka Tunggal Ika-an kita.

Namun, Kehidupan berbangsa dan bernegara kita saat ini sedang di uji dengan munculnya paham-paham yang mengancam Pancasila dan UUD 1946.

“Oleh karena itu, peran serta para ulama, Ustadz, Pendeta, Pastor, Bhiksu, Pendanda, Tokoh Masyarakat, Pelaku Media dan elemen lainnya untuk bahu-membahu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa “tambahnya.

Dirinya berpesan, agar kita semua menjaga perdamaian dan persatuan, saling bersikap santun, saling menghormati.

“Mari kita saling bahu-membahu,bergotong royong demi kemajuan bangsa ” pungkas Yasti.

Dalam upacara tersebut, dihadiri juga oleh Forkopimda, Camat, Sangadi, Asn lingkup Pemkab Bolmong, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan tamu undangan lainnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.