Gubernur Sulut Buka MTQ Ke- XXVII di Bolsel

0
281
Kafilah Kota Manado Salah Satu Peserta MTQ yang dipimpin langsung Walikota Manado Ir GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, D.E.A

ADVERTORIAL, BOLSEL – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE buka resmi kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XXVII di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Dalam sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey SE memberikan apresiasi kepada semua pihak atas dukungannya hingga MTQ Ke-XXVII tahun 2018 di Bolsel terlaksana.

Wabup Iskandar Kamaru S Pt menerima penghargaan dari Yayasan Institut Nusantara

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan apresiasi kepada jajaran Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sulut, Masyarakat Sulut dan semua pihak yang telah mendukung hingga terselenggaranya kegiatan MTQ ke-XXVII tahun 2018 di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, semoga para peserta dapat mengikuti kegiatan ini sesuai tata tertib,” ujar Olly dalam sambutannya.

Lanjut dikatakannya bahwa kedepan nanti mudah-mudahan Provinsi Sulawesi Utara dapat menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Nasional.

Pembukaan MTQ Ke XXVII Tahun 2018 Tingkat Provinsi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

“Pelaksanaan MTQ tingkat provinsi yang digelar di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan mulai 2 mei hingga 8 Mei mendatang, diharapkan akan menjadi tolak ukur, agar Sulut dapat menjadi tuan rumah MTQ tingkat nasional nanti, melalui kegiatan ini diharapkan menjadi barometer hasil pembelajaran Al-Qur’an, dan pada lomba yang dipertandingkan pada MTQ kali ini, kiranya umat Islam agar dapat lebih memahami dan mengamalkan nilai nilai Al-Qur’an, dimana MTQ sebagai media silaturahmi untuk memperkokoh persaudaraan ukhuwah, selain itu, pelaksanaan MTQ dapat dijadikan sarana peningkatan kualitas sumber daya manusia yang bernafaskan Islam dan dapat memupuk rasa kebersamaan di tengah-tengah kebhinekaan, umat Islam di bumi nyiur melambai diharapkan menjadi wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan, secara khusus bagi peserta, kegiatan MTQ ke-XXVII bukanlah komposisi untuk saling menjatuhkan, namun lebih ke wadah untuk meningkatkan kualitas diri”jelas Olly.

Kafilah Kota Manado Salah Satu Peserta MTQ yang dipimpin langsung Walikota Manado Ir GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, D.E.A

Sementara itu Wakil Bupati Bolsel Iskandar Kamaru S Pt dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada peserta MTQ ke XXVII tahun 2018 di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

“Selamat datang kepada peserta MTQ, melalui kegiatan MTQ yang mengangkat tema melalui pelaksanaan MTQ XXVII tingkat provinsi sulawesi utara, kita ciptakan masyarakat yang Qur’ani, religius dan sejahtera dengan tema ini diharapkan MTQ, tidak lagi dipersepsikan sebatas ajang mencari juara, akan tetapi juga sebagai ajang menumbuhkan sikap mental yang menjunjung tinggi transparansi dan akuntabilitas,” tutur Wabup Iskandar Kamaru.

Trophy Bergilir MTQ yang sebelumnya diraih Kafilah Kota Manado

Sementara itu Ketua Harian Panitia Pelaksana MTQ Ke-XXVII tahun 2018 Marzanzius Arvan Ohy S STP dalam laporannya menyampaikan tentang dasar dan tujuan kegiatan ini.

“Kegiatan ini berdasarkan SK Gubernur Sulut Nomor 119 tahun 2018 tentang pembentukan panitia pelaksana MTQ XXVII tingkat provinsi Sulawesi Utara tahun 2018, sebagai momen untuk mendorong, meningkatkan pengetahuan, penghayatan, dan pengamalan Al Qur’an di lingkungan keluarga, masyarakat, dan bangsa pada umumnya, adapun cabang yang dilombakan yakni Tilawah, Hafzhil Quran, Fahm Al Qur’an,  Syarh Al Quran, Khath Al Qur’an, Musabaqah Makalah Al Qur’an, dengan sumber dana APBD 2018 sebesar Rp 4,25 miliar, APBD Provinsi Sulut tahun 2018, DIPA Kanwil Kemenag Sulut Tahun 2018, dan CSR PT. Bank Sulut Go,” jelas Arvan Ohy yang juga kini menjabat sebagai Plh Sekda Bolsel.

Pembukaan MTQ Ke XXVII Tingkat Provinsi di Bolsel ditandai dengan Pemukulan Bedug oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang didampingi Wabup Bolsel Iskandar Kamaru S Pt dan Wakil Ketua LPTQ Sulut KH Rizali M. No

Pembukaan MTQ yang dipusatkan di Lapangan Molibagu Kecamatan Bolaang Uki dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Sulut Ir Maya Rita Tamuntuan Dondokambey, Sekprov Sulut Edwin Silangen SE MA, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sulut, Anggota DPRD Sulut yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Bolsel Ny Hj Muslimah Mayulu Mongilong, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulut Hi Abdul Rasyid, Bupati/Walikota se- Sulut, Wakil Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, S Pt, Ketua Majelis Ulama Indonesia Sulut, Wakil Ketua LPTQ Sulut KH Rizali M Noor, Ketua dan Anggota DPRD Bolsel, Ketua Sinode GMIBM Pdt Christine Raintama Pangulimang M.Th, Para Undangan, Tokoh Lintas Agama, serta Kafilah dari 15 Kabupaten/Kota se-Sulut yang ikut ambil bagian pada MTQ tahun ini.

Paduan Suara dari Kabupaten Kepulauan Sangihe Turut Meramaikan Pembukaan MTQ KE XXVII tahun 2018 di Bolsel

Pada pembukaan MTQ Ke-XXVII, diawali dengan lantunan ayat suci Al Quran oleh Qoriah Nasional Hj Sarini Abdullah, dan beberapa atraksi bela diri pencak silat, tarian dana dana, tarian adat Mopotilo, Defile Kafilah MTQ dari 15 Kabupaten/Kota, Marching Band, penandatanganan prasasti pembangunan Gedung Islamic Center Bolsel oleh Gubernur Sulut, penyerahan penghargaan kepada Pemkab Bolsel oleh Yayasan Institut Nusantara, pelantikan dan pengambilan sumpah kepada Dewan Hakim MTQ ke XXVII tahun 2018, pengibaran bendera MTQ, serta atraksi konfigurasi yang membentuk tulisan MTQ XXVII Sulut OD-SK H2M-Bersinar Hebat.

Menariknya, Kabupaten Kepulauan Sangihe juga semakin menyemarakkan pembukaan MTQ dengan menampilkan kolaborasi seni musik bambu, hadrah, dan paduan suara dengan membawakan sejumlah lagu-lagu religi yang tergabung dalam tim kesenian yang berjumlah 90 orang.

 

Peliput: Aspriadi Paputungan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.