Pemkab Bolmong Gelar Diklatsar CPNS, Ini Kata Sekda

0
60

ADVETORIAL, BOLMONG –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Bolaang Mongondow (Bolmong), bekerjasama dengan pusat pengembangan sumber daya manusia (SDM) Kementrian Dalam Negeri Regional Makassar,  menggelar kegiatan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS),Rabu, (09/10) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Yadika Desa Kopandakan I, Kecamatan Lolayan.

Mewakili  Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang SIP MM, membuka cera langsung kegiatan sakral bagi CPNS tersebut.

Dalam kesempatannya, Sekda Tahlis Gallang mengatakan, meski sudah dinyatakan lulus sebagai CPNS wajib mengikuti Diklatsar, dikarenakan  Diklatsar merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam membentuk karakter Abdi Negara.

“Iya,Ketika CPNS mengikuti Diklatsar, karakter Abdi Negara mereka dapat terbentuk, kegiatan ini mengajarkan bagaiman para CPNS akan dilatih bekerja serta bagaimana mencari inovasi baru.  Selain itu Diklatsar CPNS untuk mengembangkan kompetensi yang dilakukan secara terintegrasi,”ungkapnya.

Lebih lanjut, sekda menjelaskan, nantinya dalam kegiatan ini, CPNS mampu menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas masing-masing. “Diharapkan para peserta dapat mengaktualisasikan nilai-nilai dasar CPNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya, serta mampu mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya,” jelasnya.Sementara itu, Abdul Khodir megatakan, kegiatan ini (Diklatsar CPNS)  merupakan diklat pra jabatan terintegrasi melalui pelatihan dasar (Latsar). Kegiatan ini dilakukan merujuk pada Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. “Setiap CPNS wajib menjalani masa percobaan melalui proses pendidikan dan pelatihan terintegrasi,” ujar Abdul Khaidir.

Abdul menjelaskan, nantinya  Diklatsar akan dibagi beberapa angkatan. Untuk angkatan I berjumlah 108 peserta yang terbagi dalam 3 kelas dimana masing-masing kelas berjumlah 36 peserta. Untuk angkatan II  berjumlah 110 Peserta yang terbagi dalam 3 Kelas terdiri dari 2 kelas berjumah 37 peserta dan 1 kelas berjumlah 36 peserta,”Adapun para peserta adalah seluruh CPNS Bolmong tahun anggaran 2018 dengan jumlah 218 orang, terdiri dari 124 orang perempuan dan 94 orang laki-laki, serta 204 orang golongan III dan 14 orang golongan II,”ungkapnya

Diketahui, Dalam kegiatan ini, para peserta tidak dipungut biaya karena telah ditanggung oleh Pemkab Bolmong melalui dana APBD tahun anggaran 2019 berjumlah 2.7 Miliar lewat program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur BKPP Bolmong. Adapun sebanyak 218 CPNS yang mengikuti Diklatsar ini akan digodok selama 51 hari kerja atau 511 jam pelajaran yang terdiri atas  21 hari pembelajaran klasikal/on Campus dilaksanakan di Yayasan Abdi Kalya Kopandakan Dua.

Sedangkan 30 hari non klasikal/Off Campus/Habituasi dilaksanakan di instansi asal atau di perangkat daerah masing-masing peserta. Mereka akan dibagi dua angkatan yakni angkatan I  dimulai tanggal 10 Oktober – 7 Desember 2019  dan angkatan II dimulai tanggal 31 Oktober – 28 Desember 2019.

 

Yogi Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.