Pemkab Bolsel Launching Kartu Identitas Anak

0
144
ADVERTORIAL, TOTABUANEWS – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Launching Kartu Identitas Anak  (KIA), Senin (19/02). Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu S IP dalam sambutannya menyampaikan bahwa di tahun 2018 ini Pemkab Bolsel melalui instansi teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan mulai melaksanakan Program Kartu Identitas Anak (KIA). “Kartu Identitas Anak merupakan upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan serta jaminan terhadap hak anak-anak, termasuk hak konstitusional anak, dengan adanya KIA, identitas anak secara hukum menjadi lebih jelas” tutur Bupati H2M.
Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bolsel Gunawan Otuh S Pd MM menjelaskan tentang Kartu Identitas Anak (KIA). “Tentang Kartu Identitas Anak IKIA) diatur melaui Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2016, dimana mulai tahun 2018 ini , seluruh daerah Kabupaten/Kota di Indonesia sudah harus melaksanakan pelayanan pembuatan KIA, jadi setiap anak yang baru lahir selain mendapatkan akte kelahiran, juga akan mendapatkan KIA, kedepan nanti dengan bekerjasama dengan pihak sekolah, Rumah Sakit, kami akan memberikan pelayanan penerbitan KIA, format KIA sama dengan KTP orang dewasa, pada dasarnya KIA merupakan dokumen kependudukan. Kartu tersebut akan berfungsi dan bermakna sama seperti KTP pada orang dewasa. Setiap pribadi memiliki dokumen kependudukannya sendiri sehingga identitas dirinya sah secara hukum. Dokumen tersebut diperlukan untuk kebutuhan pengurusan sekolah anak, pengurusan keimigrasian dan pengurusan pelayanan kesehatan melalui BPJS serta transaksi keuangan yang melibatkan kepentingan anak,” ungkap Gunawan.
KIA akan dilengkapi dengan  Nomor Induk Kependudukan (NIK). Dengan dipergunakannya KIA maka kedepan seluruh penduduk di Indonesia  mulai dari bayi sampai dengan para lansia bisa terdata secara lebih akurat. Sebab setiap orang yang lahir langsung tercatat dan terdaftar sebagai penduduk. Akurasi data kependudukan menjadi sebuah data yang bersifat strategis dan penting. Data yang akurat tentang kependudukan merupakan salah satu syarat penting yang harus terpenuhi dalam menyusun berbagai strategi pembangunan di berbagai bidang.
Di samping itu, pengadaan KIA sesuai dengan ketentuan Undang Undang nomor 25 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
Launching Kartu Identitas Anak yang digelar di kompleks perkantoran Panango, bersamaan dengan peringatan dua tahun kepemimpinan Bupati Hi Herson Mayulu S IP dan Wakil Bupati Bolsel Iskandar Kamaru S Pt dihadiri Ketua DPRD Bolsel Hi Abdi Van Gobel SE, Plt Sekretaris Daerah Marzanziuz Arvan Ohy S STP, Asisten I,II,III, Pimpinan PT Bank Sulut Go Cabang Molibagu Yunike Kusumawati Paputungan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tondano Doni Jembar Saefuddin S Kom IT-IL, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Molibagu Asri Basir, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Aparatur Sipil Negara, Camat, Sangadi, serta ratusan siswa penerima Kartu Identitas Anak.
Peliput: Aspriadi Paputungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.