Pjs Walikota Resmikan Mesin Pengelolaan Kopi Kelompok Tani Bilalang II

0
82
ADVETORIAL, KOTAMOBAGU – Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Kotamobagu, Muhamad Rudi Mokoginta SE, MTP meresmikan mesin pengelolaan Kopi Kelompok Tani Bangelon, Bubungayon, dan Sumayat bantuan dari kantor perwakilian Bank Indonesia (BI), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Desa Bilalang II, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kamis (08/03/2018).
Kepala Bank Indonesia Sulut, Soekowardoyo mengatakan, BI memilih kopi untul diberdayakan, karena melihat meningkatnya nilai ekonomis kopi dalam menunjang perekonomian. “Dewasa ini, kopi berkembang pesat, dan kian memiliki nilai ekonomis. Dari data statistik pertanian, Indonesia menempati urutan ke 4, penghasil kopi terbesar, sesudah Vietnam dan Colombia. Padahal, sebelumnya Indonesia menduduki posisi ke 2, penghasil kopi terbesar. Untuk Sulut, Kotamobagu, Bolmong, dan Boltim, merupakan penghasil kopi, sehingganya kami melihat ini perlu diberdayakan,” katanya.
Dirinya mengatakan, kondisi kotamobagu yang berada diketinggian sangat baik untuk pertumbuhan kopi. “Suhu tropis, dan ketinggian yang pas, sangat baik untuk perkembangan kopi. Apalagi, Kotamobagu merupakan penghasil kopi jenis robusta terbesar di Sulut,” jelasnya.
Sementara itu, Pjs Walikota, Muhamad Rudi Mokoginta SE, MTP dalam sambutanya mengatakan, rasa syukur dan terima kasih kepada BI, yang telah mendorong dan membantu kelompok petani kopi dalam mengembangkan produksi. “Sejak dulu, di Kotamobagu sudah ada pabrik yang memiliki mesin pengelolaan kopi terkenal, yaitu Sakura, alhamdulilah sekarang petani kopi sudah diberikan mesin, sehingga yang tadinya baru dijual perkilo, perbijinya, sekarang sudah bisa dijual dan dikemas bubuknya,” ujarnya.
Dirinya berharap, bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para petani kopi, demi meningkatkan perekonomian. “Saya berharap, bukan hanya kopi, tapi BI juga bisa membantu kelompuk usaha kecil menengah lainnya, yang ada di Kotamobagu. Dan, untuk para kelompok petani kopi ini, saya berharap, mesin ini bisa digunakan sebaik-baik mungkin. Dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.