Umat Hindu Bolmong Gelar Pawai Ogoh-ogoh, Dihadiri Bupati Salihi

0
353
Bupati Hi Salihi Mokodongan, disambut umat Hindu

ADVERTORIAL, BOLMONG – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1938, umat Hindu yang berada di Kecamatan Dumoga Tengah dan sekitarnya, mengelar pawai seni Ogoh-Ogoh. Kagiatan yang dipusatkan di lapangan Desa Werdi Agung, Kecamatan Dumogah Tengah itu, dilepas oleh Bupati Hi Salihi Mokodongan, Selasa (08/03/2016).Pawai seni Ogoh-Ogoh ini, merupakan tradisi leluhur umat hindu, suatu ritual untuk mewujudkan keseimbangan dan keharmonisan alam.

Bupati Hi Salihi Mokodongan, memberikan sambutan saat melepas pawai seni Ogoh-Ogoh.
Bupati Hi Salihi Mokodongan, memberikan sambutan saat melepas pawai seni Ogoh-Ogoh.

Selain itu, Ogoh-Ogoh juga merupakan simbol atau melambangkan sifat angkara murka, kesombongan, keserakahan, dan perilaku buruk yang ada pada diri manusia.  Ogoh-Ogoh tersebut, akan diarak keliling desa selanjutnya akan dibakar, dengan maksud agar perilaku buruk dan negatif pada diri manusia bisa ikut bersama Ogoh-Ogoh yang pada akhirnya terbakar habis, bersama dengan perilaku buruk tersebut.

Tampak para tahu dan undangan menyaksikan pawai seni Ogoh-Ogoh.
Tampak para tahu dan undangan menyaksikan pawai seni Ogoh-Ogoh.

Dalam sambutannya, Bupati Hi Salihi Mokodongan, meminta agar keharmonisasian dan tradisi ini dapat terus dijaga dan dipelihara sehingga terwujudnya masyarakat Bolaang Mongondow yang semakin rukun, damai dan sejahtera.
“Kita semua adalah masyarakat Bolaang Mongondow yang sangat menjunjung tinggi moto leluhur kita yaitu: Mototompiaan, Mototabian, Bo Mototaniban,” ucap Bupati.

Napak Ogoh-Ogoh yang diarak umat Hindu.
Napak Ogoh-Ogoh yang diarak umat Hindu.

Acara yang diikuti ratusan orang dan disaksikan ribuan warga dari Kecamatan Dumoga Bersatu dan sekitarnya ini, turut dihadiri sejumlah pimpinan SKPD, unsur Tripika Kecamatan Dumoga Tengah, para Sangadi dan perangkat, tokoh agama, serta tokoh masyarakat.

 

 

Tim Totabuanews


 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.