Disdikbud Bengkulu Selatan Targetkan Rp 100 Miliar (DAK) Fisik Tahun Depan Sepenuhnya untuk Direalisasikan Merehab Gedung

0
165
Gambar: Disdikbud Bengkulu Selatan targetkan Rp 100 Miliar (DAK) fisik Tahun Depan sepenuhnya untuk direalisasikan merehab gedung.

TNews, BENGKULU SELATAN – Tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Selatan akan melakukan rangkaian survei dan penyusunan perencanaan pembangunan serta rehab gedung sekolah secara menyeluruh.

pada tahun 2024 mendatang, Disdikbud BS menargetkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang fisik pendidikan bersumber dari Kemendikbudristek RI mencapai Rp. 100 Miliar.

Kadis Dikbud Novianto, S.Sos, M.Si melalui Kasubbag Perencanaan, Pelaporan dan Evaluasi (PPE) Yen September, S.Pd.I mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan persiapan untuk input proposal pengajuan dana ke pusat.

“Jika tidak ada kendala, pada awal semester pertama tahun akademik 2023/2024 mendatang usulan tersebut sudah diterima Kemendikbudristek,” tuturnya.

Target kami tembus Rp. 100 miliar tahun depan. Ini optimis tercapai mengingat banyak item penting dan khusus lingkup pendidikan yang butuh direhab.

Dipaparkannya, nantinya keseluruhan anggaran Rp. 100 miliar pendidikan akan direalisasikan sepenuhnya untuk merehab gedung utama sekolah. Mulai dari ruang belajar, ruang guru, perpustakaan hingga fasilitas sanitasi.

“Setidaknya ada 70 paket rehab gedung yang akan direalisasikan nantinya. Makanya sekarang kami minta tiap-tiap sekolah untuk rinci menginput data kerusakan bangunan di akun dapodik,” ungkap Yen.

Sementara untuk alokasi DAK tahun ini, Yen mengaku masih tahap persiapan pelaksanaan. Ini lantaran pihaknya masih menunggu pencairan anggaran yang dilakukan oleh Kemendikbudristek RI.

Namun demikian, dirinya menargetkan penyelesaian rehab gedung sebelum berakhirnya semester baru nanti.

“Proses dan syarat realisasi DAK tahun ini sudah selesai. Sekarang tinggal menunggu pengerjaan lagi. Mudah-mudahan tercapai tepat waktu,” pungkasnya.*

Reporter : Sony

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.