KPU Sulut Gelar Media Gathering, Bahas Tahapan dan Anggaran Pilkada Sulut 2024

0
28
Gambar : KPU Sulut Gelar Media Gathering, Bahas Tahapan dan Anggaran Pilkada Sulut 2024, (1/5/2024).

TNews, SULUTKPU Provinsi Sulawesi Utara menggelar Media Gathering dalam rangka Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 2024, bertempat di Lapangan Basket Kawasan Mega Mas Manado, Rabu (1/5) sore.

Plh Ketua KPU Provinsi Sulut, Awaludin Umbola mengatakan Media Gathering ini merupakan bagian dari Festival Anggaran yang digelar KPU Sulut, sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat bahwa tahapan Pilkada 2024 di Sulut telah dimulai.

“Kita sudah bergeser dari Pemilu ke Pilkada,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini KPU sementara dalam tahapan Seleksi Badan Adhoc khususnya PPK, dan besok tanggal 2 Mei kami akan mengumumkan tahapan seleksi untuk Badan Adhoc yaitu PPS (Panitia Pemungutan Suara).

“Seleksi ini lagi berjalan, tentu kebutuhan terhadap badan adhoc ini menandakan bahwa akan ada kegiatan-kegiatan teknis yang nantinya akan siap kami selenggarakan dalam waktu dekat, salah satunya juga kami akan menyiapkan penerimaan dukungan calon perseorangan, tentu dalam proses verifikasi nanti kedepan kita akan membutuhkan yang namanya badan adhock, nanti akan ada faktualusasi terhadap dukungan terhadap calon perseorangan nanti,” tambahnya

“Ini yang akan kami siapkan, dan tentu setelahnya kami akan memulai lagi dengan pekerjaan perencanaan data dan informasi akan juga melakukan coklit terhadap data pemilih yang sudah kita gunakan pada Pemilu sebelumnya,” pungkas Umbola

Awaludin Umbola juga mengatakan, Inilah pekerjaan-pekerjaan yang kami akan siapkan dalam konteks teknis dan tentu berkonsekuensi terhadap anggaran yang hari ini kita festivalkan, karena kami ingin mengekspos dan menunjukkan ke publik Sulut bahwa kami siap dengan anggaran yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Daerah lewat Naskah Perjanjian Hibah Daerah(NPHD) yang sudah ditanda tangani 15 Kabupaten/Kota dan kami di Provinsi Sulut tentunya ini menjadi semangat kita bersama.

“Harapan kami tentunya khusus teman-teman media, karena saya tahu persis bantuan dari teman-teman media terhadap pelaksanaan tahapan demi tahapan tidak hanya di Pemilu 2024 tapi di Pemilu-pemilu sebelumnya ini cukup krusial dan sangat membantu, ini sangat memberikan kami energi untuk memastikan apa yang kami lakukan itu tersampaikan ke masyarakat secara luas. Ini yang butuh kami sampaikan di awal biar kemudian teman-teman media merasa bahwa kita ternyata sudah mulai akan bergeser dari Pemilu ke Pilkada. Dan harapannya ini dapat berlangsung dalam setiap tahapan Pilkada maupun Pemilu nanti yang akan kita buat,” harapnya

Sementara itu Komisioner KPU Sulut , Lanny Ointu mengajak awak media untuk mengawal pelaksanaan Pilkada 2024 dari penyimpangan administrasi.

“Setelah Pilkada resmi dilaunching KPU RI di Jogja beberapa waktu lalu, kami KPU Provinsi berkewajiban melanjutkannya di daerah masing-masing,” jelasnya.

“Untuk itu lewat kegiatan ini, kami meminta awak media mengawal tahapan Pilkada dan Administrasi yang dilakukan KPU Sulut. Karena kami sendiri sudah berkomitmen mempertanggungjawabkan anggaran Pilkada 2024,” tandas Lanny.

Media Gathering ini dihadiri perwakilan dari Media dan hadir sebagai narasumber di antaranya Dr Ferry Liando yang juga merupakan Dekan Fisip Unsrat Manado, Ketua KPID Sulut Reidy Sumual, Komisioner KPU Sulut Lanny Oentoe dan Awaludin Umbola.*

Peliput : Sheera

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.