BGP Papua Gelar Pameran Panen Raya Karya Pendidikan

0
40
Kepala Dinas Pendidikan Biak Numfor buka Semiloka dan Pameran Panen Raya Bukti Karya Komunitas Belajar

TNews, Biak – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor Kamaruddin, S.Pd membuka secara resmi Pameran Panen Raya Karya Pendidikan yang digelar oleh Balai Guru Penggerak Provinsi Papua, di Swissbell Hotel Biak, Sabtu (18/11)

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor, Kamaruddin, S.Pd, dihadiri Ketua Balai Guru Penggerak Provinsi Papua Fatkurohmah , S.Pd., M.Pd, para guru dan pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK di Biak.

Dalam sambutannya,Kamaruddin menyampaikan, bahwa pameran ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023 dengan mengusung tema “Meningkatkan Kapasitas Komunitas Belajar dan Membangun Komunitas Belajar di Satuan Pendidikan”.

“Kegiatan Semiloka dan Pameran ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada para guru yang tergabung dalam komunitas belajar agar karya mereka bisa dilihat orang dan menginspirasi guru lain untuk berkarya,”kata Kamaruddin saat ditemui usai membuka kegiatan.

Kegiatan ini, lanjut Kamaruddin, diikuti oleh 37 komunitas guru penggerak dimana dalam kesempatan ini peserta menampilkan karya baik fisik maupun karya digital selama dua hari kegiatan.

“Kami berharap peringatan Hari Guru Nasional kedepannya akan dijadikan sebagai hari untuk melakukan refleksi, menampilkan karya – karya dan inovasi guru serta sebagai hari untuk memkuat kebersamaan para guru yang ada di Biak,”terangnya

“Inovasi guru yang dilakukan terutama dalam hal metode pembelajaran. Dalam pameran kali ini mereka ada yang membuat media pembelajaran dari bahan – bahan yang ada di lingkungan sekitar, seperti membuat media huruf dan angka dari bahan lokal seperti pasir, kerang dan lainnya. Ada juga pembuatan pohon bilangan dengan memanfaatkan bahan – bahan yang ada disekitar kita,”imbuhnya

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Semiloka dan Pameran Panen Raya Bukti Karya Komunitas Belajar, Mulyani, M.Pd mengatakan, kegiatan ini melibatkan komunitas yang ada di lingkungan sekolah untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki baik guru maupun pelajar.

“Kami juga ingin memamerkan hasil karya dari guru maupun siswa, membangkitkan motivasi dari para guru agar mereka dapat terus berkarya,” jelasnya

Mulyani berharap, melalui kegiatan ini, para guru dapat terus berinovasi, berkarya, dan terus mengasah kompetensi yang dimiliki sehingga dapat benar – benar meningkatkan hasil belajar siswa.

Ia juga berharap, dalam rangka Hari Guru Nasional, pemerintah daerah maupun pusat dapat memperhatikan kesejahteraan para guru yang ada di Kabupaten Biak Numfor. “Guru dituntut untuk bagaimana bisa menghasilkan generasi muda yang berkualitas, sehingga guru pun dituntut untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki dengan adanya perhatian pemerintah dapat meningkatkan kualitas SDM Guru yang ada di Biak,” tandasnya

Reporter : Vhie

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.