Antisipasi Oknum Pedagang Nakal, Disperindang-ESDM Bolmong Gelar Razia Jelang Ramadhan

0
109

TNews, BOLMONG — Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag-ESDM) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) bakal menggelar razia di sejumlah toko maupun mini market yang menjual produk sembilan bahan pokok (Sembako) kadaluarsa jelang bulan suci Ramadhan.

Menurut Kepala Disperindag dan ESDM Tonny Toligaga, biasanya menjelang bulan suci Ramadhan, permintaan produk makanan dan minuman pasti meningkat, maka dari itu pihaknya akan membentuk tim untuk segera turun ke lapangan guna melakukan pengawasan.

“Dikhawatirkan, tingginya kebutuhan masyarakat ikut dimanfaatkan oknum pedagang nakal untuk menjual produk makanan dan minuman yang sudah kadarluarsa,” kata Tonny, Senin (29/03/2021).

Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, ditemukan beberapa kasus pada produk makanan dan minuman yang kadaluarsa masih diperjual belikan secara bebas.

“Temuan produk makanan dan minuman sudah tidak layak komsumsi itu pada umumnya dalam bentuk kemasan,” tuturnya.

Bahkan dia menegaskan. instansinya tak segan-segan mencabut izin apabila ditemukan dilapangan pedangang menjual barang dagangannya kadaluarsa namun tetap dipajang untuk diperjual belikan.

Pengawasan dan pemeriksaan terhadap produk makanan dan minuman kata dia, sudah menjadi rutinitas tahunan yang dilakukan pihak Disperindag-ESDM. Terlebih, menjelang hari besar keagamaan seperti memasuki bulan suci ramadhan dan hari Natal.

“Ini dilakukan guna melindungi konsumen dari barang tak layak komsumsi dan membahayakan bagi kesehatan masyarakat. Konsumen juga diimbau agar meneliti masa expired produk yang akan dibeli,” harapnya.

Seringkali pembeli tidak memperhatikan pada tanggal kadaluarsa produk kemasan yang dibeli. Kelemahan itulah kata Toligaga, kerap dimanfaatkan oknum pedagang yang nakal tetap menjual produk yang sudah melewati masa kadaluarsa atau expired.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk memeriksa terlebih dahulu masa kadaluarsa barang yang akan dibeli. Kalau sudah mendekati atau melewati masa expired sebaiknya jangan dibeli,” ucapnya.

Selain melakukan pengawasan terhadap produk makanan dan minuman kata Tonny, pihaknya juga terus memantau harga bahan pokok yang dijual di pasaran.

Tingginya permintaan barang menjelang Ramadhan bisa berdampak harga barang menjadi naik. Pihaknya pun akan mengambil langkah-langkah antisipasi jika kenaikan harga kebutuhan pokok tidak terkendali.

Salah satunya menggelar operasi pasar harga barang yang dijual di pasaran tetap stabil.

“Harapan saya kepada para pedagang untuk segera menginspeksi makanan-makanan yang sudah expired agar ditarik peredarannya karena tidak baik dikonsumsi oleh masyarakat,” ucapnya.

Imran Asiaw

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.