Ibu Kota Kabupaten Bolmong Mebutuhkan Drainase

0
81
TOTABUANEWS, BOLMONG – Ibu Kota Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) di Kecamatan Lolak, sampai saat ini tidak memiliki drainase, jika disaat hujan turun banyaknya air yang mengenangi rumah warga, di Desa Lolak Tombolango dan Desa Lolak.
Salah satu warga Desa Lolak Tombolango, Ruslin mengatakan selama dimekarkan hingga saat ini desanya tidak memilik drainase.
“Ini sudah lama sekali sejak pemerintahan dahulu hingga sekarang tidak dibuatkan dranaise, jika hujan halaman rumah kami tergenang air,” ungkap Ruslin, Jumat (23/2/2018).
Terpantau, jalan dari Desa Lalow hingga Desa Mongkoinit tidak drainase, sisa air hujan tergenang hingga ke badan jalan trans sulawesi, dan disaat curah hujan air langsung tergenang di sekeliling rumah warga, dan bisa-bisa masuk ke dalam rumah. Kalau fondasi rumah rendah.
“Apalagi musim hujan begini. Pasti tidak akan tidur nyenyak. Saya berharap dari pemerintah segera membuat drainase,” tambah Ruslin.
Dia berharap agar ini bisa diperhatikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.
“Yah semoga pemerintah boleh membantu untuk pembuatan drainase. Karena kami kesulitan memang kalau hujan. Hujan sedikit saja bisa banjir, apalagi kalau deras,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Channy Wayong mengungkapkan, dalam proyek pelebaran jalan dari Kaiya hingga Pinogaluman ini akan ada ruang untuk pembangunan drainase.
“Rencananya tinggi drainase 180 cm dan lebar dua meter. Ada juga ruang untuk jaringan fiber optik. Nanti tak ada lagi kabel dan tiang-tiang di pinggir jalan,” jelasnya.
Dibeberkannya, balai jalan menantang pemerintah kabupaten untuk menyediakan lahan untuk jalan selebar 50 meter. Namun pemerintah masih akan melihat kondisi.
“Kalau di Desa Mongkoinit mungkin bisa tapi kalau pusat kota sudah paday penduduk. Mungkin hanya 30 meter saja kalau di situ,” ujarnya.
Ditambahkannya, pelebaran jalan sebagai upaya memperbaiki kabupaten Bolmong. Dan akan dimulai tahun ini. Program ini hasil lobi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow kepada Menteri PUPR. Saat ini pemerintah tengah mempersiapkan pembangunan ini.
Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.