Memasuki Rudis Yasti Dan Yanni Dijemput Adat Dan Tarian Bolmong

0
67

TOTABUANEWS, BOLMONG – Setelah secara resmi dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolmong oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, pada Senin (22/5/2017), Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanni Ronny Tuuk mendapat penjemputan adat oleh Tokoh-Tokoh Adat Mongondow di Rumah Dinas (Rudis) Bupati di Desa Lalow Kecamatan Lolak, Selasa (23/5/2017).

Bupati dan Wakil Bupati periode tahun 2017-2022 ini dijemput adat yang di mulai gerang masuk Rudis hingga sampai kedalam ruangan Rudis, nampak juga beberapa tarian kesenian Bolmong ikut dalam prosesi penjemputan secara adat ini.

Dalam sambutannya, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, selain menjadi pemimpin pemerintahan di daerah, Bupati juga mengemban tugas sebagai pemimpin adat di daerah itu sendiri.

“Kita semua wajib menjaga budaya serta adat Mongondow di Bolmong, oleh sebab itu budaya Mongondow harus kita jadikan sebagai jati diri warga Bolmong ” ujar Yasti.

Karena sifat saling toleransi, hormat-menghormati dan mengasihi sesama merupakan pedoman adat Mongondow yang harus dijaga.

“Sebagai Bupati dan Wakil Bupati, saya dan pak Yanni juga sebagai Pemangku adat dan penjaga keluhuran adat Mongondow, sekaligus pengayom dan pelindung masyarakat Bolmong” ungkapnya.

Yasti juga berharap, agar budaya dan adat Mongondow dapat terus dilestarikan, karena merupakan ciri khas dari Kabupaten Bolmong.

“Semua ini harus kita jaga dan lestarikan bersama,agar kedepan adat Mongondow bisa terus dijaga dan dilestarikan ” tandas Yasti.

Hadir juga dalam acara tersebut, mantan Bupati Salihi Mokodongan dan Adrianus Nixon Watung, Forkopimda, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat,Sangadi, Keluarga Besar Bupati dan Wakil Bupati, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Bolmong.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.