Menteri ESDM Dukung Sikap Tegas Bupati Bolmong Soal PT Conch

0
83

TOTABUANEWS, BOLMONG – Bupati Bolmong Dra Yasti Soepredjo Mokoagow terus melakukan pertemuan dengan menteri

Senin (10/6/2017), Yasti bertemu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di Jakarta.

Diketahui Bupati Bolmong sebelumnya, telah melakukan pertemuan dengan sejumlah menteri. Baik Menteri Pertanian, Perdagangan, Perhubungan. Kini yasti kembali bertemu dengan Menteri ESDM.

Dalam pertemuan dengan Menteri ESDM Ignasius Jonan. Yasti menyampaikan terkait dengan isu pertambangan yang ada di Bolmong.

Dalam pertemuan tersebut Yasti menyampaikan, langsung permasalahan PT Conch North Sulawesi Cement di wilayah Bolmong ke Menteri ESDM.

Mendengar Perusahaan Cina tersebut tak memiliki perijinan lengkap. Menteri ESDM Ignasius Jonan pun mendukung sikap tegas Bupati Bolmong untuk menghentikan sementara aktivitas PT.Conch

“Jika perusahaan sudah memiliki Ijin IUP Eksplorasi dan telah melakukan kegiatan, barulah Perusahaan atau Badan usaha meningkatan IUP Eksplorasi menjadi IUP Operasi Produksi, yang meliputi konstruksi, penambangan, pengolahan, pemurnian, pengangkutan dan penjualan,” kata Yasti.

Dalam Undang Undang Minerba secara tegas telah mengatur apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh.

“UU Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambang dan Batu bara sudah mengatur semuanya. IUP Eksplorasi hanya bisa digunakan untuk kegiatan penyelidikan Umum, dan analisa mengenai dampak lingkungan,”jelas Yasti.

Diketahui, Sebelum menghentikan aktivitas PT Conch di Desa Solog Pemkab Bolmong telah menyurati sebanyak sembilan kali dan pihak perusahaan tidak mengindahkan surat dari pemerintah daerah.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.