Pemkab Bolmong Prioritaskan Sektor Perikanan dan Kelautan

0
36

TOTABUANEWS, BOLMONG – Sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, di sektor perikanan, serta sebagai tindaklanjut program dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.  Pemkab Bolmong bersama Dinas Kelautan dan Perikanan, serahkan paket bantuan perikanan baik untuk perikanan budidaya maupun perikanan tangkap untuk masyarakat Bolmong yang dilaksanakan di Desa Labuang Uki Kecamatan Lolak, Kamis (14/12/2017).

Selain itu Pemkab juga melakukam penyerahan kartu asuransi nelayan sebanyak 1. 858 kartu, serta  klaim asuransi nelayan 2017 sebesar 200 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) kepada kepada masyarakat nelayan Bolmong. Ini merupakan upaya peningkatan usaha di bidang perikanan dalam rangka meningkatkan taraf hidup petani nelayan melalui pendatan dan kesempatan

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutannya menyampaikan, potenso sumber daya alam sektira kelautan dan perikanan di Bolmong saat ini sangat menjanjikan untuk dimanfaatkan bagi peningkatam kesejahteraan masyarakat nelayan. “lima kecamatan yang ada di daerah pesisir kabupaten Bolmong sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Sehingga, guna mendorong, meningkatkan, dan memaksimalkan produksi perikanan maka Pemkab terus memberikan perhatian khusus, dengam memberikan bantuan paket perikanan kspada masyarakat nelayan dan pembudidaya ikan,” ungkap Yasti.

Ini dilakukan karena menurutnya, selama ini masyarakat nelayan memberikan kontribusi yanh sangan  besar dala pembangunan ekonomi masyatakat pesisir dan pedesaan. “Secara faktual, nelayan dam pembudidaya ikan di Bolmong masih tergolong miskin, serya saran dan prasarana akses pendanaan dan pembiayaannya samgat terbatas. Sehingga dibutuhkan berbagai bantuan dan fasilitas dari pemerintah, guna meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan iti sendiri,” tambahnya.

Lanjutnya, dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat nelayan sat ini, maka Pemkab pada hari ini memberikan bantuan paket perikanan kepada masyarakat nelayan.”Berharap, bisa digunakan dengan sebaik-baiknya. Serta bisa digunakan bersama,” katanya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.