Pemkab Bolmong Seriusi Penyakit Kusta

0
97
TOTABUANEWS, BOLMONG – Dinas Kesehatan terus melakukan pengecekan kesehatan bagi masyarakat di kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) kali ini dilakukan, Bidang Pencegahan Penyakit (B2P) melakukan sosialisasi penyakit Kusta dan pemeriksaan penyakit baru penderita Kusta.
Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Bolmong. dr Sahara Albugis MPHM. Katanya, untuk program rutin dari dinas kesehatan sendiri seperti dari bidang Bidang Pencegahan Penyakit (B2P) mereka melakukan pengecekan kesehatan lingkungan.
“Jadi mulai hari ini (kemarin, red) dan esok (hari ini, red) mereka melakukan sosialisasi penyakit Kusta dan pemeriksaan penyakit baru penderita Kusta. Yang lokasinya bertempat di desa Maelang,” tukasnya.
Kegiatan ini tidak dipungut biaya. Dan ini pun merupakan program dari dinas kesehatan, yang juga bekerjasama dengan dinas kesehatan provinsi, dalam rangka memperingati hari Kusta sedunia.
Ditambahkannya, sampai saat ini dari dinas kesehatan belum mengetahui data sebenarnya penyakit yang dominan terjadi di tengah-tengah masyarakat. Karena ia pun belum lama menjadi plt kadis kesehatan.
“Belum ada data real yang akan disampaikan. Pada umumnya penyakit yang terdapat di Puskesmas adalah penyakit infeksi saluran pernapasan atas dan hipertensi. Jadi seperti itu,” ucap kadis ramah ini.
Dijelaskannya, untuk data realnya nanti ia akan berikan setelah melakukan rapat dengan kepala puskesmas (Kapus). “Rencana minggu depan sudah dibuat skejul pertemuan dengan Kapus. Kalau sudah selesai rapat maka akan diketahui data realnya,” bebernya.
Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.