Pemkab Bolmong Siapkan Lahan Bangun Pasar Sentral

0
223
ILUSTRASI PASAR SENTRAL
ILUSTRASI PASAR SENTRAL
ILUSTRASI PASAR SENTRAL

TOTABUANEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), menyediakan lahan untuk pembangunan pasar sentral yang berlokasi di Desa Dulangon, Kecamatan Lolak, seluas kurang lebih lima hektare (Ha).

Hal ini, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Bolmong, Ir George Tanor, pecan lalu, kepada sejumlah awak media.
“Kurang lebih ada sekitar lima Ha tanah yang dipersiapkan untuk pembangunan pasar sentral,” ungkap Tanor.

Menurutnya, pembangunan pasar sentral ini, tidak lepas dari perjuangan, Bupati Hi Salihi Mokodongan dan Wakilnya Yanny Ronny Tuuk STh MM.
“Mudah-mudahan, daerah kita dalam waktu dekat nanti segera memiliki pasar sentral dengan fasilitas yang terbilang sangat baik,” ucap Tanor.

Lanjutnya, pembangunan pasar sentral dengan fasilitas sangat baik itu, diperkirakan akan memakan anggaran yang tidak sedikit. “Anggarannya sebesar Rp 10 miliar lebih, dan dananya sendiri nanti akan dikucurkan melalui Tugas Pembanguna (TP) dari Kementerian Perdagangan,” terang Tanor.

Bahkan, sebagaimana dikatakan Tanor, dana sebesar Rp10 miliar tersebut, diperuntukan khusus pembangunan pasar sentral dan lokasi pembangunannya di Desa Dulangon, dengan lahan dipersiapkan pemerintah daerah untuk pembangunan pasar sentral luasnya kurang lebih 5 Ha.”Mudah-mudahan tidak ada hambatannya, permohonan sudah disetujui tinggal menyangkut pemberkasan sebagai dokumen pendukungnya akan dilengkapi,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pasar Kabupaten Bolmong, Rusdi Manggopa SE menjelaskan, pembangunan pasar sentral tersebut memang atas usulan pemerintah daerah, namun posisinya ada di kementrian perdagangan, makanya ada keterlibatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bolmong. “Dengan adanya pasar sentral ini, nantinya akan menjadi aset Bolmong demi menopang sumber perekonomian di daerah sekaligu salah satu sector PAD,” kata Manggopa.

 

KONNI BALAMBA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.