Satu Orang di Kecamatan Lolak Positif Virus Covid-19, Pemkab Bolmong Imbau Masyarakat Jangan Panik

0
846

TNews, BOLMONG — Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) resmi mengumumkan salah satu warga Kecamatan Lolak, terkonfirmasi Positif Covid 19, Rabu (20/05/2020) melalui Konfrensi Pers Video Conference (Vitcon) Pukul 21.30 Wita.

Dalam Konfresi Pers tersebut, turut dihadiri Asisten I Deker Rompas, Kadis Kominfo Parman Ginano, Kepala BPBD Haris Dilapanga, Kepala Dinkes Erman Paputungan, Dirut RSUD Daotoe Binangkang Debby Kulo, Kabid P2P Dinkes Bolmong, Kabid E-Government Diskominfo Andry Mamonto, Kabid PIKP Diskomonfo Hari Moka serta para wartawan.

Menurut juru bicara Covid-19 Pemkab Bolmong Debby Kulo, warga terkonfirmasi positif tersebut merupakan perempuan umur 54 tahun asal Desa Pindol, Kecamatan Lolak. “Iya, Bolmong 1 kasus baru yang positif Covod-19. Pasien tersebut terkonfirmasi merupakan pasien ke 141 berdasarkan pernyataan Satgas Covid-19 Pemprov Sulut melalui Konfrensi Pers malam ini,” kata Debby.

Lanjut Debby, yang juga merupakan Direjtur RSUD Datoe Binangkang, pasien tersebut saat ini tengah di isolasi d RSUD. “Kita telah merawat pasien ini sebelum dinyatakan positif. Sementara, pasien ini juga tidak ada riwayat perjalanan, namun terkontak erat resiko tinggi dengan beberapa orang. Saat ini juga di Bolmong ODP tinggal 3 orang, sementara PDP tinggal 1,” kata Debby.

Sementara itu, Kepala Dinkes Bolmong, Erman Paputungan menjelaskan, setelah dinyatakan Bolmong 1 kasus positif Covid-19, pihaknya langsung melakukan tracking.  “Besok tim Dinkes langsung turun ke rumah pasien untuk melakukan isolasi terhadap keluarga yang terkontak erat resiko tinggi dengan pasien ini,” tutur Erman.

Di sisi lain, Asisten I Bidang Pemrintahan Deker Rompas, yang juga ketua Satgas Covid-19 Pemkab Bolmong mengatakan, pihaknya langsung meminta semua pihak untuk melakukan antisipasi. Terutama isolasi dari segi bantuan sembako terhadap keluarga dan lain sebagainya. “Saya kira semua persiapan penting. Mengingat ini baru terjadi pertama kali di Bolmong pasien positif. Kita juga berharap keluarga pasien agar jangan dikucilkan bantulah mereka. Selain itu juga kami berharap agar masyarakat jangan panik, tetap jaga kesehatan terutama jaga jarak dan kebersihan. Tetap ikuti anjuran pemerintah sesuai protokol kesehatan,” harap Mantan Sekretaris Kesebangpol itu.

Sekadar diketahui, Satgas Covid-19 Pemprov Sulut resmi mengumumkan ada 24 kasus baru hari ini. 24 kasus tersebut berasal dari Bolmong, Manado dan Minahasa. Dengan demikian total kasus se Sulut per hari ini, Rabu (20/05/2020) mencapai 150 kasus.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.