Sekda Bolmong Resmikan KUAP dan Launching Website LIMI Agribisnis Perkebunan

0
69
Gambar : Sekda Bolmong Resmikan KUAP dan Launching Website LIMI Agribisnis Perkebunan, (17/11/2023).

TNews, BOLMONG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow, Tahlis Gallang, membuka sekaligus melakukan peresmian Klinik Usaha Agribisnis Perkebunan (KUAP) dan Launching website Layanan Informasi dan Manfaat Interkoneksi (LIMI) Agribisnis Perkebunan yang diinisiasi oleh Dinas Perkebunan Bolmong.

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan, Jumat (17/11) itu, turut dihadiri Kepala Dinas Perkebunan, Tonny S. Toligaga, Kepala Dinas Kominfo, Marief Mokodompit, mantan Sekda Kotamobagu, Sande Dodo, para Camat dan Sangadi, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Kegiatan diawali dengan penjelasan singkat terkait KUAP dan website LIMI Agribisnis Perkebunan oleh Kepala Dinas Perkebunan Bolmong Tonny Toligaga.

“Website Layanan Informasi dan Manfaat Interkoneksi atau LIMI Agribisnis Perkebunan ini merupakan layanan informasi kepada semua Stakeholders perkebunan. Baik kepada sesama instansi pemerintah, pelaku usaha, maupun kepada masyarakat luas khususnya petani secara digital yang mudah diakses oleh para pemangku kepentingan,” kata Tonny.

Dikatakannya, LIMI Agribisnis Perkebunan terkoneksi dengan KUAP. Hal tersebut lanjut Tonny, guna meningkatkan kemudahan akses dan kualitas layanan Informasi praktis, sharing sumber daya dan Teknologi tepat.

“Sekaligus peningkatan dalam mengelola Agribisnis Perkebunan dan secara berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta membentuk pola pikir dan pola sikap petani menjadi cerdas, terampil, dan produktif dalam mengembangkan usaha tani perkebunan secara berkelanjutan,” jelasnya.

Sementara Sekda Bolmong Tahlis Gallang dalam sambutannya mengatakan, keinginan masyarakat Bolmong untuk berkebun begitu tinggi. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bolmong melalui Dinas Perkebunan menghadirkan program KUAP dan website LIMI Agribisnis Perkebunan.

“Sistem ini memungkinkan petani mengetahui ketersediaan pupuk di lokasi terdekat, sekaligus memberikan aduan secepatnya bila ada persoalan terkait pertanian kepada pemerintah,” kata Sekda.

“Sekaligus implementasi dari program Gubernur Sulawesi Utara ‘Inggai Mononggoba’ yang bertujuan untuk membangkitkan semangat masyarakat dalam bidang pertanian,” ucap Sekda menambahkan.

Kegiatan diakhiri dengan pemotongan pita dan pelepasan balon ke udara tanda telah resmi dilaunching program KUAP dan website LIMI Agribisnis Perkebunan oleh Sekda Tahlis Gallang didampingi Kepala dinas Perkebunan, Tonny Toligaga.*

Reporter: Gian Gumogar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.