Bolsel – Boltim Seriusi Tapal Batas

0
161
Tapal Batas Kotamobagu – Bolmong Tunggu SK Kemendagei RI

TOTABUANEWS, BOLSEL – Dewan Kabupaten (Dekab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menyambut kedatangan rombongan Dekab Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Agenda pertemuan yang digelar di ruang rapat Sekretariat Dekab Bolsel, Kamis (17/3/2016), dalam rangka singkronisasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dua daerah tetetangga tersebut.

Patut diacungi jempol. Pasalnya pertemuan tersebut merupakan salah satu bukti wujud perhatian dua lembaga wakil rakyat terhadap pembangunan di wilayah perbatasan (Bolsel-Boltim).

Personil Dekab Boltim yang datang kemarin antara lain Argo Sumaiku, Faisal Mamonto, Rael Agow dan Efendi Antonius Muaya. Argo mengatakan kedatangan mereka ke Bolsel dalam rangka singkronisasi RTRW, kemudian dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Boltim.

“Sesuai regulasi yang ada, RPJMD yang disusun harus selaras dengan RPJMD daerah tetangga,” sebut Argo Sumaiku, kemarin.

Menariknya, dalam dialog dua lembaga kemarin, pembahasan mengerucut pada persoalan akses darat di wilayah perbatasan Bolsel-Boltim, tepatnya antara Kecamatan Pinolosian Timur (Bolsel) dan Kecamatan Nuangan (Boltim) yang kondisinya masih rusak berat. Senada dikatakan Ketua Komisi I, Dekab Bolsel, Ruslan Paputungan. Politisi PDI Perjuangan ini mengaku bahwa dari hasil pertemuan kemarin, wakil rakyat dua daerah tetangga ini sepakat bergandeng tangan mendorong pemerintah pusat dan pemerintah provinsi segera menganggarkan pembangunan jalan di areal perbatasan tersebut.

“Akses jalan tersebut sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan,” ucap Ruslan.

Di sisi lain, pertemuan dua lembaga DPRD kemarin menggambarkan bahwa para wakil rakyat dua daerah sangat memperhatikan kesejahteraan masyarakat di daerah masing-masing. Dua DPRD ini juga layak menjadi contoh bagi daerah lain. Saling terbuka, mau bekerjasama dan sama-sama ingin membangun hubungan yang harmonis meski berada di dua daerah yang berlainan.

“Pertemuan ini akan kita tindaklanjuti kembali hingga semua target yang lahir dari pembahasan ini tercapai,” sambung anggota Dekab Bolsel, Sunardi Kadullah.

Raldy D

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.