Musrenbang Penyusunan RKPD Tahun 2021 di Bolsel, Dilakukan Secara Daring

0
52

TNews, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), 31 Maret 2020 selesai melaksanakan Tahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Bolsel, Marzansius Arvan Ohy SSTP mengatakan, Teknis pelaksanaan Musrenbang tersebut dilakukan secara daring (online). “Perubahan metode pelaksanaan ini menyusul telah diterbitkannya Surat Mendagri Nomor 440/2552/SJ tanggal 23 Maret 2020 perihal pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2021 dan ditindaklanjuti dengan surat Edaran Bupati Nomor 100/292/III/2020/Sekr tentang Pelaksanaan Musrenbang RKPD Bolsel Tahun 2021,”Ungkap Sekda, Kamis (02/04/2020).

Sekda menjelaskan, RKPD atau Rencana Pembangunan Tahunan Daerah (RPTD) merupakan penjabaran dari dokumen perencanaan jangka menengah atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).  “RKPD Tahun 2021 disusun berdasarkan orientasi proses melalaui pendekatan partisipatif, teknokratif, politis serta top-down dan bottom-up,”Jelas Sekda.

Lanjut Sekda, penyusunan RKPD Tahun 2021 juga dilaksanakan dengan menggunakan Pendekatan Holistik, Tematik, Integeratif dan Spasial serta kebijakan anggaran belanja berdasarkan money follow program dengan cara memastikan hanya program yang benar-benar bermanfaat yang dialokasikan dan bukan sekedar karena tugas fungsi Perangkat Daerah.

Sementara itu, Secara terpisah Bupati Bolsel, Hi Iskandar Kamaru SPt, menyampaikan beberapa permasalahan Pembangunan di Bolsel agar menjadi perhatian semua OPD dalam pencapaian target.  “Penentuan Prioritas Pembangunan di Bolsel dalam RKPD Tahun 2021 mengacu pada Prioritas Nasional (RKP) dan Proritas Pembangunan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2021 untuk peningkatan industri, pariwisata dan investasi diberbagai wilayah yang didukung oleh SDM dan Infrastruktur yang berkualitas,”tutur Bupati.

Lanjut Bupati, Dengan memperhatikan Prioritas Pembangunan Nasional dan Provinsi Sulut, Hasil Evaluasi RKPD Tahun sebelumnya, serta Pokok-Pokok Pikiran DPRD dan Hasil Kesepakatan Musrenbang RKPD di kecamatan maka disusun Rancangan Tema Pembangunan Tahun 2021  Penguatan Ekonomi Melalui Peningkatan Infrastruktur dan Pembangunan Manusia.

“Dengan 10 Rancangan Prioritas Pembangunan Daerah antara lain, Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran, Pembangunan Infrastruktur, Peningkatan Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Mental Spiritual Masyarakat, Pembangunan bidang pendidikan, Pembangunan bidang kesehatan, Pengembangan Pariwisata dan Ketahanan Pangan dan Perikanan, Peningkatan investasi, Pengembangan Pasar dan  UMKM, Ketenteraman dan Ketertiban Masyarkat, Pelestarian Lingkungan Hidup, Pencegahan dan Penanggulangan Bencana,”Tandas Bupati.

Diketahui, Dalam metode pelaksanaan musrenbang secara online, Para Pemangku kepentingan dan Kepala Perangkat Daerah menyampaikan masukan atau tanggapan sesuai format blangko yang telah dibagikan. Format blangko yang telah diisi ditandatangani, dicap kemudian discan dan dikirimkan melalui alamat email bappelitbangda@bolselkab.go.id. Saran dan masukan yang diterima melalui email akan dijadikan sebagai dasar penyempurnaan Rancangan RKPD dan dituangkan dalam Berita Acara kesepakatan terhadap Rancangan RKPD Tahun 2021.

 

Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.