Pemda Bolsel Hibahkan Pelabuhan Torosik ke Pemerintah Pusat

0
495

TOTABUANEWS, BOLSEL – Pelabuhan Torosik resmi dihibahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) kepada pemerintah pusat. Tidak lama lagi asset tersebut akan dikelola langsung kementerian perhubungan (Kemenhub).

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), Ali Paputungan mengatakan, Bupati Hi Herson Mayulu (H2M) telah menandatangani surat hibah pelabuhan Torosik dengan rekomendasi DPRD Bolsel.“Intinya, pelabuhan Torosik adalah kewenangan pusat terkait pengelolaannya. Pemkab hanya menyediakan lahan kemudian menghibahkan kepada pusat,” kata Ali, baru-baru ini.

Pemkab menseriusi agar pelabuhan Torosik segera beroperasi, karena akan memberikan dampak possitif bagi daerah.“Ini memang menjadi kewenangan pusat. Tapi kalau sudah beroperasi, akna banyak keuntungan bagi daerah. Lapangan kerja baru dan akses lainnya akan terbuka,” tuturnya.

Nanti, pelabuhan ini akan dikelola pemerintah pusat lewat satuan kerja (satker). Dan ini sudah direspon. Satker belum lama ini minta kepada bupati H2M agar dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) Bolsel untuk bisa ditempatkan di pelabuhan yang berada di Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng) itu.“Satker minta dua PNS Pemkab Bolsel yang akan dilatih untuk ditempatkan di pelabuhan. Status keduanya akan dialihkan menjadi pegawai pusat. Tapi mereka minta yang golongan dua,” kata Ali Paputungan.

Permintaan satker tersebut sudah ditindaklanjuti Pemkab Bolsel. Menurut Ali, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) selaku instansi teknis kepegawaian.

Menurut dia, untuk fasilitas penunjang pelabuhan yang belum ada, tinggal pembangunan rumah dinas pimpinan dan lampu suar. “Tapi terinformasi tahun ini akan dibangun lampu suar,” sambungnya. Dia juga menerangkan, soal rute untuk pemberangkatan lewat Pelabuhan Torosik sementara diusulkan rute Bitung-Torosik/Molibagu-Pantoloan.“Kita tinggal menunggu. Intinya sebentar akan disesuaikan. Sebab pelabuhan torosik juga cocok unutk kapal-kapal besar seperti kapal Pelni dan lainnya,” pungkasnya.

 

 

Raldy D

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.