Wabup Buka Festival Budaya se-BMR

0
44

TOTABUANEWS, BOLSEL- Wakil Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, S Pt buka resmi Festival Budaya se Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang digelar di Desa Tolondadu, Kecamatan Bolaang Uki, Bolsel, Jumat (27/10/2017) beberapa waktu lalu.

Festival budaya yang dimotori Kerukunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondouw Selatan (KPMIBMS) ini mengangkat tema “Melestarikan budaya sebagai warisan leluhur”, dimana pada festival tersebut melombakan karya tulis ilmiah permainan tradisional, orasi ilmiah dan  busana daerah, yang diikuti sekira 10 paguyuban se-Bolaang Mongondow Raya.

Pada iven tersebut, Pemkab Bolsel menyerahkan bantuan sebesar Rp 25 juta kepada KPMIBMS, yang diserahkan langsung Wabup Iskandar Kamaru.

Dalam sambutannya Wabup Iskandar Kamaru S Pt memberikan kepada  panitia penyelenggara kegiatan pagelaran budaya.

“Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara, semoga kegiatan menjadi momentum kebangkitkan dan uapaya mengekspresikan kembali nilai-nilai budaya, yang nantinya menjadi magnet bagi pariwisata di Bolsel, sehingga kekayaan budaya ini dapat menarik para wisatawan,” ujar Kamaru dalam sambutannya.

Lanjut disampaikannya bahwa generasi muda bisa menjadi contoh dalam pembinaan dan pelestarian budaya daerah agar kita tidak tergerus dalam arus modernisasi.

“Pagelaran budaya jangan hanya dijadikan acara seremonial saja, tapi melalui iven ini diharapkan menjadi momen lahirnya semangat untuk melestarikan budaya daerah, khususnya di wilayah Bolaang Mongondow Raya” jelas Wabup.

Pemkab sangat bangga dengan adanya iven ini,  karena dilaksanakan jelang peringatan hari sumpah pemuda, sehingga, hal ini dapat menjadi memotivasi bagi seluruh generasi muda untuk melestarikan budaya daerah, minimal menggunakan bahasa daerah dalam kehidupan sehari-hari, jangan malu berbahasa daerah, dimanapun berada, lestarikanlah budaya daerah sebagai wujud kepedulian pemuda pada daerah yang kita cintai,” ungkap Kamaru .

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Fendry Pabela mengatakan, kegiatan digelar untuk menjaga budaya Bolaang Mongondow Raya, terutama para generasi muda, agar tidak mudah terkikis kemajuan teknologi dan pengaruh modernisasi.

“Kegiatan ini juga bertujuan memotivasi pembentukan sikap, menambah kreativitas dan  bentuk antisipasi terhadap budaya asing yang dikhawatirkan bisa mempengaruhi budaya daerah,” tutur Fendri.

Pada kesempatan itu juga, Ketua Umum KPMIBMS Mohamad Wahyu menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta festival budaya.

“Selamat datang seluruh pelajar se Bolmong Raya, kegiatan ini menjadi gambaran komitmen bagi KPMIBMS dalam mengubah dan meningkatkan kehidupan masyarakat khususnya para generasi muda dalam melestarikan budaya, disisi lain, iven ini menjadi salah satu bentuk dukungan kami terhadap visi misi Pemkab Bolsel, sebagai daerah religius dan berbudaya, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bolsel, dibawah kepemimpinan H2M-Bersinar, yang telah memberikan dukungan sehingga kegiatan ini terlaksana,” ujar Wahyu.

Hadir pada kegiatan pembukaan Festival Budaya, Ketua DPRD Bolsel Hi. Abdi Van Gobel SE, bersama anggota DPRD Bolsel, para asisten,  Pimpinan OPD, Camat Bolaang Uki, Sangadi se- Kecamatan Bolaang Uki, tokoh agama, tokoh masyarakat Bolsel dan ratusan peserta.

Peliput: Aspriadi Paputungan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.