ADD dan DD Boltim Siap Salur

0
103
Pekan Ini Pergeseran Anggaran akan Dilakukan Pemda Boltim
Oskar Manoppo

TOTABUANEWS, BOLTIM – Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) saat ini sudah siap disalurkan, pasalnya semua Dana yang diperuntukan bagi setiap desa sudah disiapkan dalam Rekening Daerah.

Hal ini sebagaimana dikatakan kepala Dinas Pendapatan pengelolaan keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Oscar Manoppo SE MM, dimana saat ini semua keuangan Desa sudah siap disalurkan. “DD sudah masuk Kas Daerah, sehingga pencairan tahap satu sudah siap dilaksanakan, namun semua tergantung persyaratan yang dimintakan,”kata Oscar siang tadi.

Lanjut, adapun dana yang dicairkan cukup besar, sehingga peruntukanya harus dilakukan secara teliti.“Perealisasian dana tersebut dibutuhkan administrasi berupa Peraturan Desa (Perdes) tentang Anggaran Belanja Pendapatan Desa (APDes),”tambahnya.

Ia pun berharap agar setiap desa bisa segera memasukan berkas tersebut karena hingga saat ini belum ada berkas yang masuk untuk proses pencairan. “Hingga saat ini belum satupun desa yang mengajukan permintaan ADD maupun DD tahap pertama ini,” terangnya.

Terpisah kepala desa Modayag Dedy Mokoginta mengatakan, belum adanya berkas yang masuk karena perubahan Perdes. ”Anggaran ADD dikurangi hingga 10 miliar dengan tiba tiba, sehingga Perdes kembali dirubah, diusahakan minggu ketiga bulan ini akan segera rampung dan segera dimasukan, agar rencana pembangunan di Desa bisa segera terlaksana,”singkatnya.

Diketahui pencairan Dana Desa dilakukan dua tahap, yakni 60 dan 40 persen, sehingga pencairan pertama untuk dana Desa sebesar Rp.29.766.776.183. Dari total keseluruhan DD sebesar Rp.50.020.173.500.
Sedangkan pembagian ADD masih belum jelas, namun diketahui jika total ADD sebesar 25 Miliar untuk tahun 2016.

Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.