Bupati Boltim Evaluasi Semua Sangadi Soal Capaian PBB-P2

0
43
Bupati Boltim Evaluasi Semua Sangadi Soal Capaian PBB-P2

TOTABUANEWS, BOLTIM – Guna memaksimalkan pencapaian target realisasi Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) lewat Badan Keuangan Daerah (BKD), mengundang 80 Sangadi (Kepala Desa) ada ada diwilayahnya. Untuk bisa mempersentasekan capaian PBB-P2.

Agenda tersebut kegiatan itu, dipimpin langsung oleh Bupati Boltim Sehan Landjar SH, didampingi oleh Wakil Bupati Drs Rusdi Gumalangit dan Sekretaris Daerah Ir Hi Muhammad Assagaf.

Dalam sambutanya Bupati Mengatakan, keberhasilan pembangunan Daerah lewat PBB-P2. adalah satu keberhasian daerah lewat pendapatan pajak. “Salah satu sumber pembiayaan, guna keberhasilan pembangunan Daerah adalah lewat PBB. Hal ini didasarkan pada maraknya aktivitas ekonomi di dalam Daerah yang belum dilaporkan kepada otoritas pajak,” kata Landjar.

Lanjutnya, PBB-P2 merupakan satu sektor penerimaan daerah yang perlu dioptimalkan, dengan berbagai cara dan strategi. Pasalnya, kewenangan pengelolaan PBB-P2 sudah sepenuhnya menjadi tanggung jawab Daerah sesuai dengan Undang-Undang nomor 28 tahun 2009. “Guna mencapai hasil yang maksimal, wajib bagi Camat dan Sangadi serta perangkatnya, untuk menyusun langkah strategis dalam hal penagihan. Mulai dari penyampaian SPPT, sosialisasi ke Masyarakat dan lain sebagainya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Rusdi Gumalangit juga sempat melakukan evaluasi langsung kepada masing-masing Sangadi. Dimulai dari kehadiran hingga membacakan capaian realisasi PBB di masing-masing Desa. “Apa langkah yang akan kalian lakukan guna memaksimalkan PBB di Desa, sebab hingga saat ini sudah ada yang mencapai 100 persen, tapi yang kami sesalkan mengapa masih ada juga yang belum sama sekali atau dengan kata lain nol Persen,” tegas Gumalangit.

Seperti diketahu kegiatan evaluasi PBB-P2, bersama dengan sangadi tersebut dihadiri, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta para Camat yang berada di wilayah Kabupaten Boltim.

Peliput: Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.