Bupati Boltim: Perusahaan Harus Membuat Jalan sesuai Kapasitas Kendaraan Besar

0
30
TOTABUANEWS, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar, SH, saat menghadiri Konsultasi Publik Pertambangan Emas PT. Arafura Surya Alam (ASA), di Kecamatan Kotabunan yang berlangsung di Balai Desa Bulawan II Kecamatan Kotabunan pada Sabtu (9/12/2017).‎
Meminta pihak perusahan agar membuat jalan khusus kenderaan besar. “Apabila perusahaan jadi beroperasi, maka harus membuat jalan khusus kendaraan besar. Sebab, jalan daerah tidak akan mampu menerima beban seberat itu karena kapasitasnya di bawah. PT. ASA harus membuat jalan sendiri sesuai kapasitas kenderaan besar,” tegasnya.
Dalam perekrutan tenaga kerja untuk tidak menggunakan outsourcing. “Jangan menggunakan outsourcing perekrutan tenaga kerja harus perusahan langsung. Dan harus memprioritaskan orang dalam kampung atau wilayah pertambangan,” harap bupati.
Sementara konsultan penyusun Amdal PT.ASA Prof. Bobbi Polii mengatakan, Kajian konsultasi ini menjadi keharusan. Yaitu, tentang keterlibatan masyarakat dalam pembahasan Amdal. “Tujuannya adalah untuk menampung semua keluhan masyarakat dan hasilnya nanti akan di masukan ke dokument amdal,” kata Prof Bobbi.
Lanjut Prof, pada tahun 2013 Amdal sudah di lakukan kajian karena sudah lewat tiga tahun maka harus di buat amdal yang baru. “Nah ini pembahasan yang kedua yang di lakukan perusahan,” terangnya.
Dikabarkan, Kegiatan Konsultasi Publik yang dilakukan oleh PT. ASA adalah salah satu implementasi dari Permen LH no. 17 tahun 2012 tentang Pedoman Keterlibatan Masyarakat dalam Proses AMDAL dan Izin Lingkungan.
Peliput: Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.