Juara Lomba Hatinya PKK Boltim, Moyongkota Baru Wakili Sulut ke Tingkat Nasional

0
687
Juara Lomba Hatinya PKK Boltim, Moyongkota Baru Wakili Sulut ke Tingkat Nasional

TOTABUANEWS, BOLTIM – Tim Penggerak PKK Desa Moyongkota Baru, Kecamatan Modayag Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, akhirnya menjadi perwakilan Propinsi Sulut dalam lomba hatinya PKK tingkat Nasional. Untuk itu, Tim Verifikasi tingkat Nasional bersama tim dari Propinsi, Kamis (16/03) terjun langsung ke Desa tersebut melakukan penilaian.

Kedatangan tim verifikasi tersebut, dijemput langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Boltim, Nursiwin Dunggio.

Adapun pokok yang menjadi penilaian meliputi realisasi PHBS, LBS dan sebagainya. Selain itu, tim verifikasi juga menilai pemanfaatan pekarangan rumah warga menjadi lahan tanaman rempah dan sayuran, dan pengolahan kebun Desa yang didalamnya terdapat semua kebutuhan tanaman pokok dapur seperti cabe, bawang, sayur, tomat dan lain sebagainya. Proses penilaian dilakukan secara acak, tim verifikasi mengambil sampel di sejumlah titik.

Dikesempatan ini, Nursiwin Dunggio memberikan apresiasi kepada Desa Moyongkota Baru atas prestasi yang telah dicapai, ia berharap semoga dengan adanya penilaian ini, akan membuahkan hasil yang maksimal yakni dapat meraih juara di tingkat Nasional. “Ini merupakan prestasi luar biasa yang merupakan hasil kerja keras kita selaku tim penggerak PKK Boltim lebih khusus untuk PKK Desa Moyongkota Baru,” kata Umi sapaan akrab Nursiwin.

Disisi lain, sangadi Moyongkota Baru Husain Embo ketika diwawancarai di lokasi kegiatan mengungkapkan, kebanggaannya kepada seluruh masyarakat Moyongkota Baru. Menurutnya hasil yang telah dicapai tersebut merupakan kerjasama antara Pemerintah Desa, PKK dan semua masyarakat. “Bersyukur karena kami telah melangkah sejauh ini hingga menjadi perwakilan Propinsi. Ini berkat kesadaran dan kerjasama antara masyarakat, PKK Desa dan Pemerintah Desa. Tentunya dikoordinir langsung oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten,” ujar Husain.

Ia juga menjelaskan, khusus di Kecamatan Modayag Barat, Desa Moyongkota baru menjadikan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai ikon Desa. Pada kegiatan ini, Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Boltim juga memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu di Desa moyongkota baru. “Ketua tim P-PKK berikan bantuan berupa pakaian seragam anak sekolah mulai dari SD hingga SMA, hingga selimut serta peralatan dan pakaian bayi untuk ibu hamil,” ujarnya.

Peliput: Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.