Bupati Bolmong Hadiri Perayaan Tulude di Desa Baturapa

0
423
Bupati dan wakil bupati Bolmong

ADVERTORIAL

Bupati dan wakil bupati Bolmong
Bupati dan wakil bupati Bolmong

TOTABUANEWS, BOLMONG — Bupati kabupaten Bolaang Mongondow Hi Salihi Mokodongan, pada Kamis (05/02) kemarin menghadiri kegiatan adat Tulude di Desa Baturapa II Kecamatan Lolak, yang digelar sejumlah warga keturunan kepulauan Sangihe yang ada di Kabupaten Bolmong.

Diketahui keragaman adat dan budaya serta etnis dan suku terus terjaga di daerah Bolmong. Salah satunya adalah upacara adat Tulude dari masyarakat Nusa Utara yang digelar setiap awal pergantian tahun. Tulude dilaksanakan sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan YME, atas limpahan berkah selama setahun lalu.

Wakil gubernur Djouhari Kansil bersama Bupati usai-disambut adat
Wakil gubernur Djouhari Kansil bersama Bupati usai disambut adat

Menariknya, selain Bupati, hadir dalam acara ini Wakil gubernur Sulut Djouhari Kansil, Wakil TP PKK Sulut Ny Kansil Tatengkeng, serta berapa Kadis Prop Sulut, sejumlah anggota DPRD, para asisten kepala SKPD, Tripika Lolak, kepala desa, toko masyarakat, toko agama, serta masyarakat setempat.
Prosesi upacara adat Tulude berlangsung melalui beberapa tahapan dengan puncaknya yakni pemotongan kue Tamo yang kemudian dibagikan kepada para undangan.

Upacara-pemotongan-kue-Tamo-yang-kemudian-dibagikan-kepada-para-undangan
Upacara pemotongan kue Tamo yang kemudian dibagikan kepada para undangan

Bupati Hi Salihi dalam sambutannya mengatakan, kebudayaan suatu daerah merupakan kekayaan dan potensi yang harus dikembangkan dan lestarikan, agar warisan budaya leluhur menjadi kebanggaan dan daya tarik tersendiri, baik di tingkat daerah, regional, nasional, bahkan tingkat internasional.

Sementara itu Wagub Djouhari Kansil ,dalam sambutannya mengatakan, sangat apresiatif atas kepedulian bupati terhadap warga Sangihe yang ada di Bolmong terhadap pelestarian budaya Tulude . “Karena adat Tulude ada ritual religius dalam suatu kebersamaan bersyukur kepada Tuhan,” kata Djohauri dalam sambutan.

Bupati-salihi-Mokodongan-bersama-Wakil-Gubernur-DjoUpacara-pemotongan-kue-Tamo-yang-kemudian-dibagikan-kepada-para-undangan
Bupati-salihi-Mokodongan-bersama-Wakil-Gubernur-DjoUpacara-pemotongan-kue-Tamo-yang-kemudian-dibagikan-kepada-para-undangan

Usai melaksanakan upacara Tulude, Wagub bersama Bupati melanjutkan dengan peletakan baru pertama pembangunan gedung serbaguna di Desa Baturapa II Kecamatan Lolak. Seluruh rangkaian acara ditutup dengan Masamper yang diikuti oleh seluruh undangan dan warga masyarakat.

 

Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.