Dinkes Akan Gelar Sunatan Masal Khusus Dewasa

0
205

TOTABUANEWS, Kotamobagu—Sunatan massal sering kita dengar hampir setiap tahun dilakukan oleh sejumlah Pemerintah Daerah. Namun, kali ini sunatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Kotamobagu (KK) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) sangat berbeda dengan yang sering kita saksikan. Dimana pada tahun 2015 nanti, Dinkes bukan melakukan sunatan bagi anak-anak atau para remaja, akan tetapi melaksanakan sunatan massal khusus untuk orang dewasa.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Humas Dinkes Kotamobagu, Dahlan Mokodompit saat bersua Totabuanews diruang kerjanya, kemarin. “Rencana tahun depan, program yang akan kami gelar sunatan massal khusus untuk orang dewasa,” kata Dahlan.
Lanjut Dahlan, program ini merupakan tindak lanjut dari laporan sejumlah warga, dimana masih banyak warga yang melaksanakan sunat secara tradisional.

“Untuk data yang akan disunat belum bisa dipastikan karena mereka masih sembunyi-sembunyi. Sampai saat ini banyak yang datang melapor kepada kami. Jika ada khitan khusus orang dewasa maka tolong kami juga diikut sertakan,” terang Dahlan menirukan laporan warga tersebut.

Dia menjelaskan, selain laporan warga, program ini juga merupakan hasil dari keterangan Lurah dan sangadi, yang mengatakan masih banyak warganya yang belum disunat.

“Kami juga banyak menerima laporan dari pemerintah setempat. Dan mekanisme khitanan masal ini, sudah ada petunjuk dari Pemkot dan Dinkes tinggal melaksanakanya,” jelas Dahlan.
Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, diperkirakan masih banyak warga Kotamobagu yang belum dikhitan. Bahkan sudah ada yang menikah dan memiliki anak, namun belum di khitan. Kegiatan ini belum ditentukan waktunya tapi rencananya akan dilakukan awal tahun depan.

Peliput: Jalil Dasinsingon

Editor: Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.