Al-Quran Terjemahan Bahasa Mongondow Masuk Tahap Akhir

0
221
Al-Quran Terjemahan Bahasa Mongondow Masuk Tahap Akhir
Djainudin Damopolii

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Penerjemahan Al-qur’an bahasa Mogondow, akan segera rampung dan rencanannya akan diluncurkan pada bulan november 2016. Sebagaimana diungkapkan Wakil Wali Kota Kotamobagu Drs Hi Jainuddin saat bersua, dengan media ini, Rabu (25/05/2016) tadi malam di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

“Saat ini telah memasuki akhir tahapan penerjemahan, tinggal juz 25-30. Dan Al-quran berbahasa Mongondow rencananya akan diluncurkan Bulan November,” kata Jainuddin.

Tak hanya itu, menurut Jainuddin, penerjemahan Al-quran tersebut, juga melibatkan beberapa pihak, yakni dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) serta pakar bahasa Mongondow se-Bolaang Mongondow Raya (BMR). “Prosesnya sudah berjalan sejak tahun 2013 silam, jadi memakan waktu 3 tahun,” ujar Jainuddin.

Jainuddin menjelaskan, lamanya proses penerjamahaan kitab suci umat muslim tersebut. Kendalanya adalah padanan kata yang pas dari bahasa Arab ke bahasa Mongondow.

“Karena bahasa daerah yang kita miliki ini,  hanya memiliki sekitar 400 kosakata, sementara bahasa Arab ribuan kosakata. Jadi harus sangat teliti memilih padanan kata, agar tidak terjadi salah pemahaman,” terang Jainuddin.

Jainuddin menmbahkan,  Al-quran bahasa Mongondow, nantinya akan diluncurkan bersama-sama dengan terjemahan Al-quran beberapa bahasa daerah lainnya, oleh Menteri Agama.

 “Lokasi acara peluncurannya, masih menunggu konfirmasi. Karena rencananya Menteri Agama langsung yang akan meluncurkannya. Bersamaan dengan terjemahan Al-quran bahasa daerah lainnya. Dan Kemungkinan besar di Jakarta,” tandas Jainuddin.

Gian Limbanadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.