Desa Sia Bakal Terima Mesin Pencacah Sabut Kelapa

0
52
1000 Surat Keterangan Usaha Mikro Segera Diserahkan
Herman Aray
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU  – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal (Disperindagkop-PM) Kotamobagu, akan menyalurkan mesin pencacah sabut kelapa kepada pengrajin sapu ijuk di Desa Sia Kecamatan Kotamobagu Utara (Kotura), dalam waktu dekat ini.
Disampaikan, Kepala Disperindagkop-PM Kotamobagu Herman Aray Minggu (19/06/2016), pada triwulan III, telah dialokasikananggaran untuk penyediaan mesin pencacah sabut kelapa, terhadap kelompok pengrajin sapu ijuk di Desa Sia.
“Dibulan Juli Mesin pencacah sabut kelapa ini akan disalurkan, bersama dengan bantuan Mesin untuk Rotan di Desa Bilalang,”kata Aray.
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Fadlun Paputungan, mengatakan pihaknya masih menunggu instruktur mesin pencacah tersebut, guna memberikan pelatihan penggunaan mesin, terhadap sejumlah pengrajin sapu ijuk.
 “Ada beberapa kelompok pengrajin sapu ijuk di Desa Sia yang telah kami data, nantinya mereka akan diberikan pelatihan, agar dapat memaksimalkan pengggunaan dari mesin itu,” kata Fadlun.
Fadlun menambahkan, keunggulan dari mesin pencacah sabut kelapa tersebut, dapat memperhalus serabut kelapa yang akan diolah menjadi sapu ijuk.
“Dari hasil pencacahan mesin tersebut serabut itu lebih mudah untuk kemudian diikat dan dibentuk menjadi sebuah sapu ijuk, yang mudah dipasarkan serta menghemat waktu dan biaya,” tandasnya.
Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.