DPMD Kotamobagu Gelar Rapat Pemuktahiran Data IDM Tahun 2023

0
20
Gambar: DPMD Kotamobagu gelar rapat Pemuktahiran Data IDM tahun 2023.

TNews, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kotamobagu Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa menggelar rapat Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2023 di Kantor DPMD Kotamobagu, Kamis (13/4/2023).

Kabid Pemerintahan, Kelembagaan dan Aparatur Desa, Wiwie Anita Dessy Sabunge, mengatakan Rapat tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti Program Desa Mandiri dari Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara.

“Jadi instruksinya Wali Kota di tahun 2024 yaitu Desa Mandiri dan kami dari Dinas PMD akan membackup dan memfasilitasi desa-desa mana yang memiliki kemungkinan untuk menjadi desa mandiri di tahun 2024,” kata Wiwi.

Lanjut, untuk pendampingannya khusus dilakukan oleh tenaga ahli untuk membackup indeks desa pembangunan lewat aplikasi. Kemudian tenaga ahli P3MD ditugaskan untuk membimbing penginputan pemuktahiran data IDM.

“Setelah penginputan dilakukan dengan menggunakan aplikasi, hasilnya akan dikirimkan ke Kementerian Desa, sehingga akan langsung diketahui apakah desa tersebut sudah masuk kategori desa mandiri atau tidak,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa rapat tersebut finalisasinya akan dilakukan bulan mei mendatang, setelah semua data dari desa-desa sudah dirangkum.

“Jadi setelah kita sudah mendapatkan data dari desa-desa yang memiliki kemungkinan menjadi desa mandiri tahun 2023, kami akan menggelar rapat terakhir finalisasi penginputan, yaitu pada bulan mei, dan hasilnya akan langsung diberitahukan kepada desa yang terpilih,” tandasnya.*

Reporter: Nindy Pobela

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.