Kelurahan Upai Wakili Kotamobagu Ikut Kampung Iklim Tingkat Nasional

0
221
Nasrun Gilalom

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU — Kementrian Lingkungan Hidup (KLH), mulai mencanangkan program Kampung Iklim (KI), sampai ke tingkat Daerah se Indonesia. Pencanangkan program tersebut,untuk meminimalisir terkait isu Perubahan iklim.

Di Kota Kotamobagu (KK) sendiri, Pemerintah Kota (Pemkot) telah menyiapkan salah satu Kelurahan untuk dijadikan sebagai kampung iklim, yakni Kelurahan Upay Kecamatan Kotamobagu Utara.

Sebagaimana dikatakan, Pelakasana Tugas (Plt) Badan Lingkungan Hidup (BLH), Nasrun Gilalom saat bersua dengan media ini Rabu (16/03/2016).

Dia mengatakan, bahwa berdasarkan kajian serta pemantauan dalam kurun waktu yang lama, kelurahan itu, layak dijadikan kampung iklim. “Disana ada satu Kelompok tani, Bintang Uatara namanya,” kata Nasrun.

Lanjut dikatakan, kelompok tani itu, lebih cenderung ke adaptasi perubahan iklim. “Seperti menggunakan pupuk organic, penghijauan lahan-lahan yang kritis,” jelasnya.

Menurutnya, ditahun kemarin saja kelompok tersebut, pernah mengikuti program sebagianya, sampai ke tingkat nasioanal. “Namun, masih ada yang kurang yaitu pembuatan biogas,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk tahuan ini mereka telah mendapat bantuan dari Pemkot, berupa hewan peliharaan yakni, sebanyak 5 ekor sapi. “kegunaan sapai tersebut, adalah kotoroannya, yang diperuntukan untuk biogas,” pungkasnya.

Gian Limbanadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.