Langkadan Akan Ramaikan HUT KK

0
29
Kotamobagu Kembali Jadi Tuan Rumah Talk Show
Bambang Ginoga

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Untuk menjaga Budaya Bolaang Mongondow raya (BMR), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), akan memamerkan Langkadan (Permainan anak kecil dari Bambu Kuning), dalam pembukaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kotamobagu ke 10 nanti.

Seperti disampaikan, Kepala Disbudpar Kotamobagu Irawan Bambang Ginoga melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Thelma Ololah Selasa (02/05/2017). Pihaknya akan memamerkan Langkadan massal, untuk memeriahkan HUT KK ke 10. “Permainan Langkadan sudah mulai punah, maka wajib untuk kembali dilestarikan dan diperkenalkan kepada anak-anak kita semua,”kata Thelma.

Lanjutnya, tahun 90an Langkadan merupakan permainan tradisional yang digunakan, sekarang mulai hilang dikarenakan pergolakan era informasi teknologi (IT). “Kami berusaha agar nilai-nilai kebudayaan yang lama tidak hilang bersama dengan era moderen,”ujarnya.

Dia menambahkan, ditanggal 4 Mei nanti, Langkadan sudah bisa dilihat dalam program Kampung Bersama Lindungi Anak (Berlian) di Motoboi Kecil (Mocil).

“Hari Kamis nanti bisa dilihat akan dipamerkan dipembukaan kampung berlian,”tandasnya.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.