Monuntul Dilombakan, Pemkot Larang Penggunaan Badan Jalan

0
55
Suasana rapat persiapan lomba monuntul, di ruang Asisten 1 Bidang Ekonomi, Sabtu (28/05/2018), (foto:Non).

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu gelar rapat bersama untuk persiapan lomba monuntul atau malam pasang lampu pada 3 malam jelang lebaran.

Asisten 1 Bidang Administrasi Ekonomi, Gunawan Damopolii mengatakan, lomba monuntul ini, adalah suka cita dalam menyambut lebaran.

“Monuntul tetap akan dilaksanakan, pada tanggal 2, hari Sabtu, dan akan disediakan hadiah, juara 1, 2, 3 dan harapan 1,” katanya, Senin (28/05/2018).

Dirinya menambahkan, dalam penilaian, harus ada singkronisasi, antara space yang dibuat khusus dilombakan, dan yang mendukung.

“Kalau ada pusatnya, misalnya lapangan, maka semua wilayah juga harus ada. Jangan hanya terfokus pada satu titik. Kendati demikian, masih akan dibuat tim khusus, untuk menilai ini,” jelasnya.

Dirinya juga melarang, badan jalan dijadikan objek pembuatan lomba.

“Kalau di ujung kota, batas kota atau simpang jalan bisa. Cuma, tidak boleh sampai mengganggu pengguna jalan. Memang ini masih akan dimatangkan, tapi sebisa mungkin saya akan cenderung desk dan ditertibkan,” tegasnya.

Dirinya mengimbau, agar masyarakat memaknai ini, sebagai upaya peningkatan dan keberhasilan iman dan takwa.

“Mewarnai kehidupan dalam peningkatan iman, sampai mewarnai lagi kehidupan selanjutnya. Karna Ramadhan juga merupakan pesantren luar biasa dan membekas di hati,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kementrian Agama Kotamobagu, Muhamad Husen mengatakan, monuntul ini merupakan tradisi yang sejak lama selalu dilakukan.

“Semoga ini bisa lebih meningkatkan ketakwaan dan nilai-nilai iman, tidak hanya dalam menyambut lebaran,” singkatnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.