Mulai Diminati di Kotamobagu, Omset Budidaya Ikan Patin Cukup Besar

0
533
ilustrasi

TNews, KOTAMOBAGU – Untuk memenuhi kebutuhan ikan di Kotamobagu, Abdul Rahman, (39), Warga Kelurahan Molinow, Kecamatan Kotamobagu Barat, membudidayakan ikan Patin.

Meski jenis ikan ini masih terbilang kurang populer dikalangan masyarakat, namun tidak menyurutkan niatnya untuk terus mengembangkan produksi ikan ini di Kotamobagu.

Ketua Kelompok pembudidaya ikan Asal Kelurahan Molinow mengaku, sudah membudayakan ikan patin sejak tahun 80-an.

“Dulu saya pernah memproduksi ikan ini, namun sempat terhenti karena makanannya mahal. Nah, dengan bantuan dari pemerintah saya bisa kembali membudidayakannya, tentu kami bersyukur, meski makanannya masih terbilang mahal, tapi setidaknya kami sudah diberi bibit,” ujarnya.

Menurut Abdul, perlahan ikan ini sudah semakin diminati warga kotamobagu maupun BMR.

“Awalnya memang jarang peminat, tapi sekarang permintaan meningkat, terutama saat lebaran, itu banyak yang mencari,” ucapnya.

Senanda, pembudidaya ikan patin lain, Ruslan mengatakan, ukuran yang besar dan rasanya yang enak membuat ikan patin mulai diminati, meski jenis ikan lainnya.

“Sekali dia panen pasti bisa mencapai puluhan ton, karena ukurannya yang cukup besar. Sehingga masyarakat juga perlu tau bahwa ikan ini selainnya ukurannya besa, juga rasanya yang tidak kalah dengan ikan nila dan jenis lainnya,” pungkasnya.

 

Neno Karlina

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.