Pemkot Antisipasi Penyakit Menyerang Hewan

0
28
Dorong Konsep Pertanian Organik, DP2K  Gelar Pelatihan Budidaya Kopi Organik
Hardi Mokodompit

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) akan mengagendakan Vaksinasi hewan April mendatang. Selain itu, juga ada pelatihan penyuluh dan kader. Hal ini dimaksud, untuk mengantisipasi berbagai penyakit yang mengintai hewan. “Pemberian vaksinasi merupakan kegiatan Dispertanak dalam rangka pencegahan terhadap penyakit yang sewaktu-waktu bisa menyerang hewan,” kata Kepala Dipertanak, Hardi Mokodompit melalui Kabid Peternakan, Manap Puduk kemarin.

Ia mengatakan, nantinya pihak Dispertank juga akan merekrut calon tenaga penyuluh serta kader, untuk dijadikan tenaga siap pakai. “Harus orang-orang yang bisa memberi diri dengan tugas penyuluhan juga vaksinasi hewan,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk jenis penyakit yang sering menyerang hewan diantaranya cacingan, penyakit mulut dan kuku (PMK), dan kembung (Bloat). “Selain nantinya melakukan vaksinasi dan pengobatan, juga memberikan pencerahan bagi kelompok ternak tentang cara perawatan sapi, pakan ternak dan pembersihan kandang,” tambahnya.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.