Pemkot Kotamobagu Mulai Salurkan Dandes Tahap I

0
29
Pemkot Kotamobagu Mulai Salurkan Dandes Tahap I
Syahrudin Abas
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, mulai salurkan Dana Desa (Dandes) ke sejumlah Desa di Kota Kotamobagu (KK).
Disampaikan, Kepala Dinas Pengelolaan, Pendapatan, Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Kotamobagu, Rio Lombone melalui Kepala Bidang (Kabid) Anggaran dan Perbendaharaan Syafrudin Abas Minggu (19/06/2016). Pencairan DanDes tahap satu atau sebesar 60 persen bagi 13 Desa telah tuntas tersalurkan. Bukan hanya Dandes, Alokasi Dana Desa (ADD), beserta pembagian pajak pun telah disalurkan ke semua Desa.
 “Pencairan Dana desa terbagi dua tahap. Tahap pertama 60 persen, dan tahap kedua 40 persen. Untuk tahap satu, 13 desa sudah selesai disalurkan,” kata Abas.
Lanjutnya, agar pengajuan pencairan Dandes untuk tahap kedua bisa berjalan lancar. Semua persyaratan berkas pencairan bisa dirangkum sesuai dengan waktuyang telah ditentukan. Sebab, keterlambatan pencairan akan berdampak pada penyerapan, dan realisasi kegiatan yang pembiayaannya melalui anggaran tersebut.
“Kalau cepat dicairkan tentu program pembangunan di desa juga cepat selesai,” ujarnya.
Abas menambahkan, pengajuan untuk tahap dua atau pencairan 40 persen bisa dilakukan. Namun, mekanisme pengajuan Dandes harus menunjukkan realisasi serta pertanggungjawaban  penggunaan Dandes tahap I.
“Kalau Surat Pertanggungjawaban (SPJ) lengkap, kita akan proses untuk tahap kedua. Ini bisa dilakukan pada bulan Agustus mendatang. Minimal 50 persen realisasi tahap satu, setiap desa sudah bisa mengajukan permintaan pencairan tahap kedua. Jadi tidak lagi menunggu anggaran tahap satu habis,”tandasnya.
Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.