Pencaker di Kotamobagu Gratis Mengurus Kartu Kuning

0
306

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Ketenaga Kerjaan Kotamobagu, akan berikan gratis untuk mengurus Kartu Kuning (AK1) bagi pencari Kerja (Pencaker) di Kota Kotamobagu.

Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja, Rusman Pollo mengatakan jika mengacu pada data Pencaker tahun 2016 menjelang akhir tahun berkisar 500-an. “Tahun lalu saja diakhir Desember 2016 Pencaker di Kotamobagu yang mengurus AK1 atau Kartu kuning sebanyak 720. Namun untuk tahun ini separuh saja dari angka tersebut belum mencukupi,”kata Pollo sabtu (30/09/2017) siang tadi.

Pihaknya sudah menyiapkan bursa kerja, membagikan info Job fit, dan memberikan gratis pengurusan AK1.

“Di Kantor kami ada papan bursa kerja, disitu ada beberapa lowongan pekerjaan yang di tempel Perusahaan berada di Kotamobagu. belum lama ini ada Job fit di Manado, dan kami sudah mengirimkan surat ke Kacamatan dan Desa agar yang belum memiliki pekerjaan bisa berkunjungi ke Job fit. Sehingga kami berharap masyarakat proaktif mengunjungi bursa kerja,”jelasnya.

Jumlah Pencari Kerja (Pencaker) di wilayah Kotamobagu, khususnya putra-putri Daerah hingga akhir bulan September ini hanya sebanyak 212. Jumlah ini berkurang dari jumlah tahun 2016.

Pollo mengklaim, sejauh ini angka penganguran di Kotamobagu terbilang kecil, apa lagi dengan masuknya sejumlah investasi di Kotamobagu. “Masuknya Alfa Mart, Indo Mart, serta yang terakhir ini Alfa Midi. Manajemenya sudah menyampaikan kebutuhan karyawan,”tambahnya.

 

Tim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.